Keluarga

7 Cara Menghemat Pemakaian Minyak Goreng Tanpa Bahayakan Kesehatan Keluarga

7 Cara Menghemat Pemakaian Minyak Goreng Tanpa Bahayakan Kesehatan Keluarga

MOMSMONEY.ID - Biar tak boros pengeluaran, Moms dapat mencoba cara menghemat pemakaian minyak goreng tanpa bahayakan kesehatan keluarga.

Minyak goreng adalah salah satu kebutuhan utama rumah tangga. Sebab, minyak goreng dipakai untuk segala macam kebutuhan memasak.

Sayangnya, kebutuhan minyak goreng kerap kali boros. Penyebabnya, karena minyak tak boleh digunakan hingga berkali-kali.

Agar tak boros pengeluaran bulanan, Moms dapat mencoba beberapa cara menghemat pemakaian minyak goreng tanpa harus bahayakan kesehatan keluarga.

Melansir dari Sasa, Sarimas, dan Global Solusi Ingredia, simak artikel berikut ini.

Baca Juga: 6 Cara Mengurangi Minyak yang Menempel pada Makanan yang Digoreng

Titik didih tinggi

Tahukah Anda, minyak goreng dengan titik didih tinggi akan membuat makanan jadi matang sempurna hanya dengan menggunakan jumlah minyak yang sedikit?

Melansir dari Global Solusi Ingredia, minyak goreng dengan titik didih tinggi dapat digunakan berkali-kali dibandingkan minyak biasa. Cara ini dapat menghemat biaya tanpa harus mengorbankan risiko kesehatan.

Minyak goreng dengan titik didih tinggi juga memiliki suhu yang stabil dan tak mudah teroksidasi dalam suhu tinggi. Ini membuat makanan jadi renyah dan kering.

Contoh minyak dengan titik didih tinggi, ada minyak jagung hingga minyak kanola.

Baca Juga: Tetap Higienis, Ini 5 Cara Membersihkan Air Fryer dari Minyak dan Sisa Makanan

Pakai wajan datar

Menggoreng Ikan

Salah satu cara menghemat pemakaian minyak goreng bisa dilakukan dengan menggoreng makanan menggunakan wajan datar atau wajan anti lengket.

Wajan anti lengket membuat makanan yang membutuhkan proses penggorengan jadi lebih mudah matang hanya dengan menggunakan sedikit minyak. Tubuh pun akan terkena dampaknya karena minyak yang terkandung dalam makanan jadi berkurang.

Penggunaan wajan cekung (kuali) membuat penggunaan minyak goreng jadi berlebihan. Akibatnya, minyak goreng yang Anda miliki jadi lebih boros.

Baca Juga: Anti Kolesterol, 5 Cara Memasak Daging Ini Bikin Masakanmu Jadi Lebih Sehat

Gunakan minyak secara berulang

Untuk dapat menghemat pemakaian minyak goreng, mungkin Anda pernah menggunakan cara yang satu ini. Ya, menggunakan minyak secara berulang pasti pernah Anda lakukan. Sayangnya, cara ini tak efektif dilakukan.

Minyak goreng sebenarnya masih aman digunakan hingga 2 kali pemakaian. Namun, lebih dari itu, minyak goreng berisiko berubah menjadi lemak trans yang jika masuk ke dalam tubuh, maka akan berubah menjadi kolesterol jahat.

Baca Juga: 5 Keuntungan Menggunakan Wajan Anti Lengket di Dapurmu

Saring minyak

Setelah minyak goreng dipakai untuk memasak, coba saringlah minyak tersebut hingga endapan sisa makanan menghilang.

Selain dapat menghemat pemakaian minyak goreng, cara ini juga cukup efektif untuk menjaga kualitas minyak goreng, agar tetap baik dan terhindar dari bakteri.

Setelah minyak goreng disaring, jangan lupa simpan di tempat bersih dan sejuk.

Baca Juga: 5 Metode Memasak Makanan yang Menyehatkan biar Gizi Tak Mudah Hilang

Pakai teknik memasak lain

Metode Memasak Makanan Mengukus

Ingin menghemat pemakaian minyak goreng? Mulai sekarang jangan menggoreng makanan.

Coba teknik memasak lainnya yang lebih menyehatkan seperti merebus, membakar, mengukus, hingga menumis yang hanya membutuhkan sedikit minyak.

Khusus makanan tertentu seperti kentang goreng, nugget, dan aneka makanan bertepung, Anda bisa mencoba menggoreng menggunakan air fryer.

Teknik penggorengan dalam air fryer hanya memerlukan minyak goreng yang sedikit. Anda jadi lebih sehat dan lebih mudah berhemat.

Kentang digoreng dalam air fryer

Baca Juga: Moms Ini Loh 5 Kelebihan Air Fryer untuk Masakan, Bikin Jadi Lebih Sehat

Masak dengan api kecil

Untuk dapat menghemat minyak goreng, Anda dapat memasaknya menggunakan api kecil dan menutup wajan.

Cara ini membantu makanan lebih cepat matang dan bertekstur lebih krispi. Penggunaan minyak goreng yang sedikit pun tak akan menjadi masalah karena makanan tetap matang sempurna.

Sebaliknya, memasak menggunakan api besar akan membuat minyak goreng jadi lebih cepat panas dan tentu jadi boros.

Baca Juga: 7 Makanan yang Tidak Cocok Dimasak Dalam Air Fryer, Sudah Tahu?

Rendam daging

Merendam daging juga menjadi salah satu cara menghemat pemakaian minyak goreng, khususnya bagi Anda yang ingin memasak daging.

Merendam daging dalam air dapat mengurangi kebutuhan minyak. Sebab lemak pada daging dapat meluruh selama proses perendaman terjadi. Cara ini dapat menghemat kebutuhan minyak sekaligus dapat membuat daging jadi lebih empuk.

Itulah berbagai cara menghemat pemakaian minyak goreng yang dapat Moms tiru di rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News