5 Metode Memasak Makanan yang Menyehatkan biar Gizi Tak Mudah Hilang

Reporter: Raissa Yulianti
Rabu, 30 November 2022 | 18:33 WIB
5 Metode Memasak Makanan yang Menyehatkan biar Gizi Tak Mudah Hilang

ILUSTRASI. Metode memasak makanan di microwave tergolong menyehatkan karena dapat menjaga gizi tetap utuh. Dok/Samsung Global Newsroom.


MOMSMONEY.ID - Khawatir kandungan gizi dan vitamin di dalam makanan yang Anda masak menghilang begitu saja? Jangan khawatir, kini MomsMoney menghadirkan beberapa metode memasak makanan yang menyehatkan.

Metode memasak makanan ini tergolong menyehatkan karena dapat menjaga gizi tetap utuh dan tak menghilang begitu saja.

Selain itu, beberapa metode memasak berikut ini juga dapat mengurangi minyak berlebih, sehingga dapat membantu Anda dalam menjaga pola hidup sehat yang sedang Anda jalani.

Langsung saja simak beberapa metode memasak makanan yang sehat agar gizi tak mudah hilang, dilansir dari Dapur Umami, selengkapnya:

Baca Juga: 5 Teknik Dasar Memasak ala Prancis yang Bisa Moms Tiru di Rumah

Metode mengukus

Metode Memasak Makanan Mengukus

Baca Juga: Metode Memasak ala Meksiko yang Bikin Masakanmu Semakin Pedas, Sudah Tahu?

Metode memasak makanan dengan cara mengukus adalah pilihan terbaik untuk bisa menjaga makanan tetap utuh jika dilihat dari gizi dan nutrisinya.

Metode mengukus tak memiliki kekurangan apapun yang dapat menghilangkan kandungan vitamin. Ini karena vitamin yang larut dalam air seperti vitamin C tak akan hilang jika anda mengukus makanan.

Mengukus juga menghindarkan Anda dari minyak sehingga lebih sehat dikonsumsi.

Namun, ada baiknya lebih berhati-hati. Usahakan untuk tidak memotong sayuran dalam bentuk yang sangat kecil agar gizinya tidak menghilang saat dikukus. Potonglah sayuran dalam bentuk kecil jika sudah matang.

Baca Juga: 5 Metode dan Cara Memasak yang Bikin Rasa dan Aroma Rempah Jadi Lebih Wangi

Metode merebus

Metode Memasak Makanan Merebus

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Bau Lumpur Pada Ikan Air Tawar

Metode memasak makanan dengan cara merebus dapat menjaga gizi makanan tetap ada. Selain itu, merebus juga dinilai lebih sehat karena tak mengandung banyak lemak seperti metode menggoreng.

Sayangnya, metode memasak dengan cara merebus tak menjamin semua gizi dalam makanan tetap utuh. Sejumlah nutrisi penting seperti vitamin B dan C yang memang sifatnya akan larut terhadap air terancam hilang jika Anda merebus makanan dalam waktu yang lama.

Jadi, jika Anda tak ingin nutrisi-nutrisi yang larut terhadap air jadi hilang, rebuslah makanan secukupnya saja, jangan terlalu lama.

Baca Juga: Moms, Ikuti 5 Cara Menentukan Tingkat Kematangan Ayam Saat Dimasak

Metode memanggang

Memanggang bisa jadi salah satu opsi terbaik metode memasak makanan yang membuat gizi tetap ada sekaligus dapat mengurangi minyak berlebihan.

Memanggang juga tergolong ke dalam metode memasak yang lebih sehat serta dapat membuat aroma masakan jadi lebih keluar.

Kekurangan dari metode memasak dengan cara memanggang adalah adanya zat hidrokarbon yang memiliki potensi menyebabkan kanker serta membuat kandungan vitamin B dan mineral hilang menguap saat dipanggang.

Baca Juga: Tips Rahasia Bikin Tepung Panir Awet Menempel dan Tidak Rontok Saat Digoreng

Metode memasak pakai microwave

Metode Memasak Makanan di microwave

Metode memasak selanjutnya yang dinilai aman untuk kandungan gizi pada makanan adalah dengan menggunakan microwave.

Kebanyakan ibu rumah tangga di Indonesia masih belum banyak yang memanfaatkan kegunaan microwave. Namun sebetulnya, microwave punya banyak kegunaan mulai dari mempermudah proses memasak hingga membuat gizi makanan tetap utuh, lo.

Metode memasak menggunakan microwave memanfaatkan gelombang mikro sehingga waktu memasak jadi lebih sebentar. Semakin sebentar proses pemasakan berlangsung, maka semakin utuh pulalah gizi yang terkandung di dalamnya.

Baca Juga: Cara Terbaik Simpan 6 Bahan Makanan Ini agar Tetap Segar dan Tak Busuk

Metode menumis

Menumis juga bisa jadi salah satu pilihan terbaik metode memasak makanan yang sehat dan bergizi. Jenis metode memasak yang satu ini memanfaatkan api besar dan suhu tinggi sehingga memasak makanan bisa dilakukan dalam waktu yang sangat singkat.

Meskipun begitu, tidak dapat dipungkiri bahwa menumis masih membutuhkan sedikit minyak goreng sehingga Anda tak benar-benar menghilangkan kandungan minyak dalam makanan.

Namun kelebihannya, karena menumis membutuhkan minyak, maka beberapa jenis vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E, dan K jadi tetap utuh dan tak menghilang.

Itu dia beberapa metode memasak makanan yang menyehatkan yang membuat gizi tetap terjaga, utuh, dan tak menghilang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Raissa Yulianti

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER