Keluarga

5 Metode dan Cara Memasak yang Bikin Rasa dan Aroma Rempah Jadi Lebih Wangi

5 Metode dan Cara Memasak yang Bikin Rasa dan Aroma Rempah Jadi Lebih Wangi

MOMSMONEY.ID - Masakanmu kurang nendang? Coba metode dan cara memasak berikut ini untuk bikin rasa dan aroma rempah pada masakanmu jadi lebih wangi!

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara penghasil rempah terbaik di dunia. Ada begitu banyak jenis rempah yang dihasilkan di tanah Indonesia.

Jenis rempah-rempah ini ternyata berbeda-beda. Berbeda jenisnya, berbeda pula cara memasaknya. Ini karena beberapa rempah tergolong mentah sehingga agar aromanya lebih wangi, harus dilakukan beberapa metode memasak tertentu.

Baca Juga: 4 Cara Memilih Daging Sapi yang Masih Segar

Beberapa metode dan cara memasak yang bikin rasa dan aroma rempah-rempah lebih terasa telah MomsMoney rangkum dari laman Palmia dan Kitchen of Indonesia, berikut ini!

Geprek

Metode geprek atau ditumbuk cocok untuk bikin rasa dan aroma rempah seperti serai, lengkuas, hingga jahe lebih wangi. Rempah ini cukup digeprek pelan-pelan hingga keluar sedikit cairan dan bau sebelum dicampurkan pada masakan.

Baca Juga: 4 Alasan Rasa Makanan di Restoran Terasa Lebih Lezat Dibandingkan Masakan Rumah

Sangrai

Ketumbar

Baca Juga: 5 Kebiasaan Makan yang Bikin Perut Rata Menurut Para Ahli

Metode sangrai atau menggoreng tanpa menggunakan minyak bisa jadi salah satu cara bikin rasa dan aroma rempah lebih wangi.

Moms bisa menyangrai rempah menggunakan api tanpa minyak atau bisa juga menyangrai menggunakan pasir sangrai.

Rempah mentah seperti kemiri dan ketumbar sangat cocok dimasak menggunakan metode sangrai karena kedua rempah tersebut tak mampu mengeluarkan rasa dan aroma secara maksimal jika masih mentah.

Baca Juga: Ketahui 5 Cara Memilih Udang Segar, Lihat Warna Hingga Kulitnya

Mengiris

Metode mengiris sering dilakukan untuk bikin rasa dan aroma rempah pada masakan jadi lebih wangi daripada biasanya.

Jenis rempah seperti seledri, bawang putih, hingga daun bawang yang diiris akan membuat rasa masakan lebih gurih dan sedap.

Khusus untuk daun bawang dan seledri, aroma kedua rempah ini juga bisa tetap keluar dengan cara diikat atau disimpulkan.

Baca Juga: Ikuti 4 Cara Mengusir Bau Masakan yang Menyengat di dalam Rumah

Melarutkan

Berbeda dengan jenis rempah lainnya, rempah seperti asam jawa sangat mudah menyatu, sehingga jika asam jawa dimasukkan langsung ke dalam masakan, maka masakan akan terasa sangat asam.

Untuk itu, larutkan asam jawa secukupnya saja. Setelah itu, barulah Moms bisa memasukkan larutan tersebut ke dalam masakan.

Menyobek

Daun jeruk purut

Baca Juga: Mudah Diaplikasikan, Ini 6 Cara Memilih Ikan Segar Berdasarkan Ciri-cirinya

Metode menyobek rempah berdaun juga bisa jadi pilihan untuk bikin rasa dan aroma rempah jadi lebih wangi sehingga masakan jadi lebih terasa.

Rempah seperti daun jeruk, daun pandan, hingga daun salam terasa lebih segar jika disobekkan terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam masakan.

Itulah beberapa metode dan cara memasak yang bikin rasa dan aroma rempah jadi lebih wangi. Anda bisa mengaplikasikan cara masak tersebut untuk bikin masakanmu terasa lebih nendang!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News