Keluarga

Cara Terbaik Simpan 6 Bahan Makanan Ini agar Tetap Segar dan Tak Busuk

Cara Terbaik Simpan 6 Bahan Makanan Ini agar Tetap Segar dan Tak Busuk

MOMSMONEY.ID - Membeli aneka macam bahan makanan dalam jumlah yang banyak sering dilakukan ibu rumah tangga. tapi terkadang, ada beberapa bahan tertentu yang akan cepat membusuk jika tak segera diolah.

Beberapa bahan makanan ini memang sedikit tricky sehingga perlu ekstra pengawasan agar tetap segar.

Nah, berikut ini MomsMoney akan berikan cara terbaik menyimpan beragam bahan makanan agar tetap segar. Dilansir dari Kraft dan Save The Student, berikut selengkapnya!

Baca Juga: Rekomendasi 6 Saus BBQ Murah dan Lezat untuk Olahan Daging Kurban

Keju

Keju mozarella

Cara terbaik untuk menyimpan bahan makanan seperti keju agar tak membusuk adalah dengan membungkusnya dengan kertas berpori, seperti kertas roti.

Cara lain adalah dengan membungkus keju dengan handuk bersih yang telah ditaburi cuka. Ini berguna untuk membunuh bakteri yang terbentuk di permukaan keju.

Baca Juga: Cumi Buatanmu Alot? Ini 4 Cara Masak Cumi Supaya Empuk dan Tak Susah Dikunyah

Daging

Cara terbaik agar daging tetap terjaga kualitasnya adalah dengan tidak membuka kemasan plastiknya.

Membuka kemasan daging namun tak segera dimasak hanya akan membuat bakteri dari luar kemasan lebih mudah mengontaminasi daging.

Jika ingin dimasukkan ke kulkas, ada baiknya berganti kemasan plastik agar kulkas tak kotor dan mencemari makanan lainnya.

Baca Juga: Hindari Kontaminasi Bakteri, Ini 5 Bahan Makanan yang Tidak Boleh Dicuci

Telur

Cara terbaik menyimpan telur agar tak mudah busuk adalah dengan mencucinya terlebih dahulu, lalu dikeringkan sebelum disimpan.

Rempah

Rempah rempah

Baca Juga: 4 Cara Belanja Makanan Agar Tetap Higienis dan Terhindar dari Kuman

Cara terbaik agar rempah-rempah tak gampang membusuk dan tetap segar adalah dengan membungkusnya dengan kertas koran sebelum dimasukkan ke lemari es. Ini akan membuat rempah tetap kering dan mencegahnya terlalu dingin.

Cara lain adalah dengan mengikat rempah pada bagian batang dan menggantungnya di dekat jendela di tempat yang kering. Rempah yang berminyak seperti Timi sangat cocok disimpan dengan metode yang stau ini.

Baca Juga: Lebih Hemat Pengeluaran, 4 Tips Ini Efektif Cegah Makanan Terbuang Sia-sia

Brokoli

Cara terbaik menyimpan brokoli agar tetap segar adalah dengan membungkusnya dengan tin foil.

Bungkuslah dengan erat dan masukkan ke lemari es. Dengan cara ini, brokoli akan tahan hingga 4 minggu.

Ini karena kertas timah akan menjaga sayuran tetap bersih dan segar sekaligus cukup berpori sehingga memungkinkan hormon etilen (hormon pematangan) tetap keluar.

Baca Juga: Daftar 7 Bahan Makanan yang Sebaiknya Tak Perlu Disimpan dalam Kulkas

Pisang

Pisangmu jadi kecoklatan hanya dalam sekejap? Untuk bisa mencegahnya, Moms harus ikuti tips yang berikut ini.

Cara terbaik mencegah pisang jadi kecoklatan adalah dengan memisahkan pisang dari jenis buah lainnya. Buah lain yang berdekatan dengan pisang akan membuat mempercepat hormon kematangan pisang sehingga pisang jadi kecoklatan.

Selain itu, Anda bisa membungkus batang-batang pisang dengan cling film wrap dengan erat. Lepaskan satu per satu jika pisang akan dimakan. Cara ini akan membantu pisang awet sampai 5 hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News