Keluarga

Mengenal Alat Masak Cast Iron yang Bebas dari Bahan Berbahaya dan Cara Perawatannya

Mengenal Alat Masak Cast Iron yang Bebas dari Bahan Berbahaya dan Cara Perawatannya

MOMSMONEY.ID - Cast iron atau yang lebih dikenal sebagai besi cor merupakan salah satu alat masak yang menyehatkan & tak membahayakan tubuh.

Cast iron ini terbuat dari besi yang dipanaskan, lalu dibentuk menggunakan cetakan. Berbagai produk masak cast iron ini di antaranya ada hotplate, dutch oven, hingga wajan.

Melansir dari Kompas, keunggulan cast iron jika dibandingkan dengan jenis alat masak lainnya adalah bahwa cast iron lebih tahan lama, anti lengket, merupakan penghantar panas yang baik, serta aman untuk untuk makanan.

Dari Skitchen, alat masak cast iron tidak mengandung bahan berbahaya seperti PTFE, PFOA, lapisan anti lengket, hingga bebas dari racun sehingga akan aman jika digunakan untuk memasak meski dipakai setiap hari.

Lantas, bagaimana sih cara merawat alat masak cast iron yang satu ini? Mari intip beberapa tipsnya.

Baca Juga: 6 Tips Membersihkan Peralatan Masak Berbahan Cast Iron Agar Tak Mudah Berkarat

Alat masak cast iron

Hindari merendamnya

Cara merawat cast iron pertama-tama bisa dengan menghindari merendamnya dalam air. Cast iron yang terbuat dari besi cor apabila direndam dalam air terlalu lama akan membuat alat masak ini mudah berkarat.

Apabila ingin menghilangkan noda bandel, sebaiknya gunakan air panas & gosok noda tersebut dengan bagian belakang spons hingga noda menghilang. Bilas dengan air bersih kemudian keringkan.

Tak boleh langsung cuci

Kebanyakan ibu-ibu pasti ingin semua pekerjaan rumah beres dalam waktu cepat, termasuk mencuci piring, bukan? Tapi tunggu dulu, Anda tak boleh langsung mencuci cast iron meski telah selesai memasak.

Baca Juga: Punya Peralatan Masak Berbahan Kayu? Simak 6 Tips Membersihkannya

Penyebabnya, alat masak cast iron berpotensi besar untuk berkarat. Jika alat masak yang satu ini langsung dicuci, maka cast iron yang masih panas akan “bertabrakan” dengan air dingin sehingga menimbulkan karat.

Karat ini akan sangat membahayakan kesehatan tubuh jika partikelnya menempel pada makanan yang akan Anda makan, loh.

Hindari mesin pencuci piring

Jika biasanya mesin pencuci piring dimanfaatkan untuk dapat mempercepat waktu pembersihan, maka hindari untuk mencuci alat masak yang satu ini.

Salah satu cara tepat untuk merawat cast iron adalah dengan tidak mencucinya menggunakan mesin pencuci piring. Cucilah secara manual agar cast iron dapat awet lebih lama, serta dapat bersih 100% tanpa noda membandel.

Membersihkan cast iron dalam mesin cuci piring akan membuat alat masak ini mudah berkarat.

Baca Juga: Dijamin BPA Free, Ikuti 5 Cara Pilih Kotak Bekal yang Aman untuk Anak

Oleskan minyak

Peralatan masak berbahan cast iron memerlukan perawatan khusus dan super ekstra daripada peralatan masak berbahan kayu ataupun stainless steel.

Agar bisa terhindar dari karat, peralatan masak berbahan cast iron harus diolesi minyak, terutama minyak sayur ataupun minyak kelapa.

Seamun Mullen, koki dari Institut Pendidikan Kuliner New York yang dilansir dari Merapi Foundry menyarankan untuk memasukkan cast iron yang dilumuri minyak ke dalam oven selama 1 jam.

Baca Juga: 5 Cara Bersihkan Air Fryer sampai Kinclong Tanpa Sisa Minyak

Setelah dikeluarkan, keringkan sisa minyak menggunakan tisu, lalu simpan.

Minyak inilah yang nantinya akan menjadi lapisan pelindung cast iron dari karat, sehingga dapat membuatnya jadi lebih awet tahan lama.

Disarankan untuk melakukan tahapan ini setiap 5 kali pakai.

Itulah alat masak cast iron serta cara perawatannya agar dapat awet tahan lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News