Keluarga

6 Tips Masak Kering Tempe yang Renyah, Awet, dan Berbumbu Pekat

6 Tips Masak Kering Tempe yang Renyah, Awet, dan Berbumbu Pekat

MOMSMONEY.ID - Tertarik masak kering tempe yang awet tahan lama dan bertekstur renyah? Ada beberapa cara yang wajib diikuti.

Kering tempe dapat menghasilkan tekstur yang renyah dan berbumbu pekat apabila tahapan demi tahapan memasak diikuti dengan baik. dimulai dari cara memotong tempe hingga tahapan penggorengan harus dengan teliti dilakukan.

Berikut ini beberapa tips memasak kering tempe bertekstur renyah yang dapat diikuti. Melansir dari Maggi, berikut ini.

Baca Juga: Aman dan Matang Sempurna, Ikuti 6 Tips Mengolah Daging Pakai Cast Iron Skillet

Iris tipis seragam

Ukuran dapat memengaruhi hasil akhir tekstur kering tempe yang akan Anda buat.

Kering tempe bisa menjadi sangat renyah apabila irisan tempe yang dihasilkan benar-benar tipis dan seragam. Artinya, tempe yang diiris harus konsisten pada ketebalan tertentu.

Tempe tidak boleh terlalu tebal atau malah terlalu tipis. Hal ini dapat membuat tempe jadi tak matang merata. Akibatnya, kering tempe yang dihasilkan malah mudah melempem.

Baca Juga: Terbukti Secara Ilmiah, Inilah 6 Cara Mengiris Bawang Agar Mata Tak Pedih

Goreng di api sedang

Kering Tempe

Sebelum mulai memasak tempe, maka pertama-tama pastikan terlebih dahulu wajan dan minyak telah siap.

Minyak harus panas dan kompor harus disetel pada api bersuhu sedang. Panaskan minyak hingga muncul gelembung-gelembung kecil dan suara mendesis yang menandakan bahwa minyak telah panas dan siap dipakai untuk menggoreng.

Dengan tingkat kepanasan yang pas, maka tekstur kering tempe yang dihasilkan akan menjadi lebih renyah tanpa membuat minyak terserap habis ke dalam pori-pori tempe.

Baca Juga: 6 Cara Mengolah Daging Sapi Pakai Bahan Tradisional Agar Empuk dan Mudah Dikunyah

Gunakan banyak minyak

Untuk memastikan hasil tekstur tempe jadi super renyah, maka tips masak yang wajib ditiru yakni menggunakan banyak minyak pada saat tahapan penggorengan.

Minyak yang banyak akan membuat irisan tempe jadi terendam sempurna dalam wajan, sehingga memudahkan proses pematangan terhadap kering tempe.

Karena ukuran kering tempe yang kecil dan tipis-tipis, maka tempe harus sesekali diaduk saat proses penggorengan agar matang merata dan tak menjadi gosong di sisi-sisi tertentu.

Baca Juga: Jadi Makin Garing, Intip 5 Cara Masak Tahu Goreng Krispi Anti Lembek

Tiriskan di atas tisu

Setelah tahapan penggorengan, maka tempe goreng harus segera diangkat dan ditiriskan di atas tisu. Tips masak yang satu ini berguna agar tempe yang dihasilkan jadi tak terlalu berminyak.

Jangan lupa ganti tisu beberapa kali hingga minyak yang terserap ke dalam tisu dapat berkurang dengan sendirinya.

Aduk seluruh bumbu sampai merata

Ketika tempe telah selesai digoreng, maka tips selanjutnya untuk dapat menyajikan menu “Kering Tempe” adalah mencampurkannya dengan berbagai macam bumbu.

Baca Juga: 2 Resep Sale Pisang Manis, Teman Ngemil di Siang Hari

Bumbu-bumbu ini seperti air asam jawa dengan gula yang menjadi salah satu bahan utama pembuatan Kering Tempe.

Masak serta aduk-aduk gula pasir & air asam jawa yang telah matang hingga seluruh teksturnya menjadi terkaramelisasi atau mengental seperti karamel.

Setelah gula berubah menjadi karamel & seluruh gelembungnya hilang, maka masukkan irisan tempe yang telah matang ke dalamnya. Aduk-aduk hingga merata.

Proses memasak tempe kering ini dinyatakan sudah selesai apabila tak ada lagi sisa bumbu yang tersisa karena seluruh bumbunya telah menyerap sempurna ke dalam irisan tempe.

Baca Juga: 8 Bahan Makanan Pengganti Cabai yang Menghasilkan Sensasi Rasa Pedas

Simpan dalam toples

Salah satu tips masak kering tempe agar tetap renyah adalah dengan menyimpannya dalam toples kedap udara.

Toples memungkinkan interaksi antara kering tempe dengan udara jadi seminimal mungkin, sehingga tempe tak mudah melempem hingga beberapa hari ke depan.

Itu dia beberapa tips masak tempe kering supaya tetap renyah. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News