Keluarga

5 Tips Pilih Lobster Segar Sebelum Membelinya, Ada Tips Mengolahnya Juga!

5 Tips Pilih Lobster Segar Sebelum Membelinya, Ada Tips Mengolahnya Juga!

MOMSMONEY.ID - Moms sedang berencana masak lobster di rumah? Jika ya, coba simak beberapa tips pilih lobster sebelum membelinya.

Tak seperti jenis seafood lainnya, lobster memiliki jenis dan cara pengolahannya tersendiri. Inilah yang membuat cara masak lobster sedikit berbeda daripada hidangan laut lainnya.

Agar Moms tak salah pilih, berikut ini MomsMoney sajikan beberapa tips pilih lobster segar beserta cara mengolahnya yang dilansir dari laman Escoffier, Food Republic, dan Lacademie, selengkapnya.

Baca Juga: Suka Makanan Laut? Intip 4 Cara Efektif Hilangkan Bau Amis saat Masak Seafood

Tipe lobster

Tips pilih lobster pertama-tama haruslah pilih tipenya terlebih dahulu. Ada 2 tipe lobster, yaitu lobster cangkang keras & cangkang lunak.

Lobster cangkang lunak punya daging yang sedikit lebih manis. Sayangnya, lobster jenis ini tidak begitu baik untuk tubuh karena mengandung kolesterol yang tinggi.

Sebaliknya, lobster cangkang keras punya kandungan gizi yang lebih beragam dan lebih menyehatkan tubuh.

Baca Juga: Awet Tahan Lama, Ini 3 Cara Menyimpan Ikan Segar yang Tepat dalam Freezer

Pilih lobster yang masih hidup

Tips pilih lobster segar adalah dengan mengusahakan bahwa lobster tersebut masih hidup. Sebab, lobster yang masih hidup mengindikasikan bahwa lobster punya kualitas rasa yang baik & kandungan lemaknya lebih sedikit.

Cara mengetahui apakah lobster masih hidup atau tidak adalah dengan memegangnya. Pastikan cakar lobster tetap tegak & tak merosot ke samping. Jika saat dipegang lobster menggoyang-goyangkan cakarnya, maka lobster dalam kondisi yang baik.

Sementara itu, semakin panjang antena lobster, maka rasanya semakin enak & dagingnya berkualitas.

Baca Juga: 5 Rahasia di Balik Alasan Makanan Jepang Jadi Makanan Menyehatkan di Dunia

Pilih lobster pada musim tertentu

Lobster akan lebih baik jika dibeli saat sedang musimnya. Meski dipanen sepanjang tahun, namun ada bulan-bulan tertentu dimana panen lobster sangat banyak.

Puncak panen lobster tertinggi berada pada akhir bulan Juni & Desember.

Selain itu, pilihlah lobster lokal sehingga kualitas lobster yang dipanen masih segar dan baik.

Ketahui usia lobster

lobster

Baca Juga: Cegah Tahu Cepat Basi, Ikuti 5 Tips Simpan Tahu biar Awet Tahan Lama

Tips pilih lobster selanjutnya bisa dengan menanyakan usia lobster kepada penjual.

Perlu Anda ketahui, semakin tua usia lobster, maka dagingnya akan makin kenyal & sedikit mengeras. Disarankan untuk membeli lobster berukuran sedang untuk bisa mendapatkan daging yang lebih empuk.

Namun jika Anda penyuka lobster berukuran besar dengan usia yang sedikit lebih tua pun tak apa-apa selama kualitas lobster masih sama baiknya.

Tak perlu mencium baunya

Lobster bukanlah ikan. Selama lobster masih hidup, lobster tak akan mengeluarkan bau-bauan tertentu seperti ikan. Sehingga, mencium atau tak mencium bau lobster tak akan berpengaruh besar pada tingkat kesegaran lobster yang dipilih.

Baca Juga: Kerap Berbau Tengik, Ikuti 6 Cara Cegah Nasi Basi dalam Rice Cooker

Tips lainnya

Setelah membeli lobster berdasarkan tips-tips di atas, tips selanjutnya untuk mengolah lobster adalah sebagai berikut.

Mengukus lobster lebih disarankan daripada merebusnya. Sebab, lobster yang dikukus akan membuat daging terasa lebih manis & cenderung akan mempertahankan rasa asli lobster tersebut daripada merebusnya.

Itulah sederet tips pilih lobster segar beserta tips mengolahnya. Jika Moms tertarik untuk masak lobster di rumah, coba ikuti tips-tips di atas, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News