Keluarga

Awet Tahan Lama, Ini 3 Cara Menyimpan Ikan Segar yang Tepat dalam Freezer

Awet Tahan Lama, Ini 3 Cara Menyimpan Ikan Segar yang Tepat dalam Freezer

MOMSMONEY.ID - Freezermu jadi berbau karena menyimpan ikan di dalamnya? Hal ini bisa terjadi apabila Anda menyimpan ikan dengan cara yang salah. Sebab, ada beberapa cara menyimpan ikan segar yang tepat, loh.

Menyimpan ikan segar memang perlu trik tersendiri. Ini selain agar ikan dapat awet lama, juga agar kulkas Anda tak berbau amis.

Mau tahu cara mengatasinya? Intip 3 cara menyimpan ikan segar yang tepat dalam freezer yang dilansir dari The Spruce Eats dan Respect Food, selengkapnya!

Baca Juga: Anti Kolesterol, 5 Cara Memasak Daging Ini Bikin Masakanmu Jadi Lebih Sehat

Cuci bersih

Sebelum menyimpannya di dalam freezer, ada baiknya untuk mencuci ikan terlebih dahulu. Ini untuk menjaga kehigienisan ikan itu sendiri maupun makanan lain dalam freezer.

Jangan lupa setelah mencucinya, pastikan Anda mengeringkannya menggunakan paper towel hingga kering. Air yang menggenang pada ikan membuat bakteri dapat berkembang biak sehingga ikan jadi cepat membusuk.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau pada Daging Kambing Saat Memasak

Gunakan wadah kedap udara

Menyimpan Ikan dalam Freezer

Ikan segar punya bau yang khas dan biasa menguar hingga seluruh isi kulkas ikut berbau. Agar menghindari bau dan ikan bisa bertahan lama, maka bungkuslah ikan dalam aluminium foil atau wadah kedap udara untuk mencegahnya mencemari makanan lain.

Baca Juga: 4 Cara Memilih Daging Sapi yang Masih Segar

Biarkan dalam tempat dingin

Menyimpan Ikan segar haruslah ditempatkan pada suhu yang sangat dingin agar tidak membusuk serta dapat bertahan lama. Kontrol suhu freezer-mu menjadi yang paling dingin.

Anda juga bisa menyimpan ikan segar diluar freezer dengan catatan Anda harus melapisi ikan dengan es serut atau es batu hingga benar-benar tertutup.

Tapi jangan salah, es yang digunakan adalah es yang Anda buat sendiri, bukan es yang menempel pada dinding-dinding kulkas. Ganti es secara berkala jika es sudah mulai mencair.

Baca Juga: Punya Bau yang Khas, Ini 4 Cara Hilangkan Bau Lumpur Pada Ikan Air Tawar

Namun jika Anda tak memakannya dalam beberapa hari, para ahli menyarankan Anda untuk membekukan ikan segar tersebut.

Itulah beberapa cara menyimpan ikan segar dalam freezer. Setelah mengikuti cara-cara di atas, ikan dapat awet & bertahan lama serta freezermu tak lagi berbau amis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News