Keluarga

5 Rahasia di Balik Alasan Makanan Jepang Jadi Makanan Menyehatkan di Dunia

5 Rahasia di Balik Alasan Makanan Jepang Jadi Makanan Menyehatkan di Dunia

MOMSMONEY.ID - Makanan Jepang merupakan makanan menyehatkan di dunia. Tahukah apa rahasianya? Simak artikel yang berikut ini.

Makanan Jepang adalah salah satu alasan di balik tingginya harapan hidup masyarakatnya yang mencapai rata-rata 84 tahun.

Angka ini terbilang lebih tinggi dibandingkan rata-rata harapan hidup di dunia yang hanya mencapai 71 tahun saja.

Lalu, apa sih rahasia makanan Jepang yang dianggap jadi makanan menyehatkan di dunia sehingga membuat masyarakatnya memiliki harapan hidup tinggi?

Langsung saja simak alasannya, yang dilansir dari Times of India, SoGood, dan Kimono Restaurant, berikut:

Baca Juga: 5 Perbedaan Istilah Yakiniku dan Teriyaki Pada Makanan Jepang

Suguhkan porsi kecil

Salah satu alasan mengapa makanan Jepang dianggap sebagai makanan menyehatkan di dunia karena selalu menyuguhkan porsi kecil.

Di setiap hidangan tradisional ala Jepang, terdapat sebuah pepatah tentang kesehatan yang berbunyi “hara hachi bu”. Kalimat tersebut memiliki arti bahwa Anda tak boleh 100% kenyang, melainkan hanya 80% saja.

Selain karena menghargai makanan, mereka juga sangat memperhatikan kesehatan. Ajaran ini telah diajarkan orang-orang Jepang sejak usia sangat muda.

Baca Juga: 3 Tips Mengolah Sayuran Hijau yang Sudah Layu Jadi Segar Kembali

Penyajian makanan yang indah

Avocado Fried Sushi

Selain karena porsinya kecil, makanan Jepang dianggap sebagai makanan menyehatkan di dunia karena makanan-makanan tersebut menstimulasi panca indera.

Makanan sengaja disuguhkan seindah mungkin sehingga mengundang rasa puas, tak hanya puas di perut tetapi juga puas di mata.

Inilah sebabnya banyak orang-orang jadi mudah kenyang hanya dengan menyantap porsi makanan Jepang yang mini.

Baca Juga: Anti Rontok, Ikuti 4 Cara Bikin Tepung Panir Awet Menempel pada Makanan

Mengandung sedikit kalori

Berencana menerapkan pola hidup sehat tapi terasa menyulitkan? Mulailah semuanya dengan menyantap makanan Jepang.

Makanan Jepang dianggap sebagai makanan menyehatkan di dunia bukan tanpa alasan.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan University Of Florida College Of Medicine, rata-rata orang Jepang makan makanan mengandung sedikit kalori.

Baca Juga: 6 Cara Tepat Menyimpan Susu Cair di dalam Kulkas Agar Tak Cepat Basi

Cara memasak yang sehat

Orang-orang Jepang memasak makanan selalu dengan cara memasak yang sehat. Mereka selalu menggunakan minyak lebih sedikit daripada biasanya.

Selain itu, ada banyak makanan Jepang yang harus dimasak dengan teknik memasak yang menyehatkan seperti memanggang, mengukus, merebus, memfermentasi, dan menumis.

Sebab, orang Jepang percaya bahwa nilai gizi pada bahan makanan tak boleh hilang begitu saja pada saat proses memasak berlangsung. Inilah yang membuat makanan Jepang jadi makanan menyehatkan di dunia

Baca Juga: Hati-hati, Inilah 6 Tanda Tubuh Terlalu Banyak Asupan Garam dalam Makanan

Menggunakan garam yang sedikit

Seperti yang diketahui, garam penting sebagai salah satu bumbu pada makanan. Namun, terlalu banyak kadar garam pada makanan juga jadi membuatnya tak menyehatkan.

Untungnya ini tak terjadi pada makanan Jepang. Makanan Jepang selalu menggunakan garam sesedikit mungkin.

Sebagai gantinya, mereka lebih memilih hidangan ikan yang mengeluarkan garam alami serta mengandung banyak mineral dan gizi sehingga membuatnya jadi makanan yang menyehatkan.

Bagi Anda yang sedang menerapkan diet ketat, sekarang sudah tahu kan, alasan mengapa makanan Jepang jadi makanan menyehatkan di dunia?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News