Keluarga

Hati-hati, Inilah 6 Tanda Tubuh Terlalu Banyak Asupan Garam dalam Makanan

Hati-hati, Inilah 6 Tanda Tubuh Terlalu Banyak Asupan Garam dalam Makanan

MOMSMONEY.ID - Garam memang memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Namun, terlalu banyak asupan garam juga dapat mengakibatkan efek yang buruk.

Dikutip dari WebMD, asupan garam yang diperlukan untuk tubuh memiliki batas 1500 mg setiap harinya. Sementara Kementerian Kesehatan menganjurkan batas konsumsi natrium/garam sebanyak 2000 mg (setara dengan 1 sendok teh).

Tapi kenyataannya, asupan garam yang kita konsumsi lebih dari anjuran. Akibatnya, ada banyak efek baik jangka pendek maupun efek jangka panjang yang harus dialami tubuh akibat asupan garam berlebih.

Baca Juga: Trik Perbaiki Rasa Makanan yang Terlalu Asin, Moms Bisa Tiru Caranya!

Untuk tahu apa saja tanda tubuh terlalu banyak asupan garam, MomsMoney telah merangkumnya dari laman WebMD dan Clevel and Clinic, berikut:

Tekanan darah tinggi

Tahukah Anda, terlalu banyak asupan garam menyebabkan tekanan darah jadi tinggi, lo. Perubahan tekanan darah terjadi melalui ginjal.

Asupan garam berlebih akan mempersulit ginjal membuang cairan yang tidak dibutuhkan, karena garam akan menyerap begitu banyak air dalam tubuh. Akibatnya, tekanan darah menjadi naik.

Baca Juga: 5 Perbedaan Istilah Yakiniku dan Teriyaki Pada Makanan Jepang

Mudah lelah

kelelahan

Terlalu banyak asupan garam membuat tubuh jadi mudah lelah.

Terlalu banyak garam dalam darah Anda membuat sel-sel perlu bekerja ekstra menyemburkan air untuk dapat mengencerkan garam agar bisa dicerna tubuh. Akibatnya? Anda jadi lebih mudah lelah.

Baca Juga: Dapat Persingkat Waktu Masak, Ini 5 Perbedaan Utama Garlic Salt dan Garlic Powder

Perut kembung

Perut jadi kembung, pipi dan bagian tubuh lainnya membengkak juga merupakan salah satu tanda paling umum bahwa tubuh telah mengonsumsi garam berlebih.

Seperti yang diketahui, asupan garam mampu menahan cairan dalam tubuh yang mengakibatkan cairan ekstra menumpuk.

Tapi, Anda perlu berhati-hati, karena makanan yang mengandung natrium tinggi tidaklah selalu terasa asin. Makanan seperti pizza, burger, hingga ayam goreng cepat saji juga merupakan sumber makanan yang punya asupan garam berlebih.

Rasa haus meningkat

Terlalu banyak asupan garam dapat mengundang rasa haus yang tinggi. Ini karena tubuh mengalami dehidrasi. Minum air yang banyak bisa jadi solusi menetralkan garam berlebih pada tubuh sekaligus menyegarkan sel-sel Anda.

Baca Juga: Ikuti 4 Cara Mengusir Bau Masakan yang Menyengat di dalam Rumah

Terlalu sering buang air

Merasa terlalu sering buang air kecil? Ternyata itu jadi salah satu tanda bahwa tubuh terlalu banyak asupan garam. Ini karena garam dapat membuat tubuh jadi mudah haus.

Akibatnya, Anda jadi terlalu banyak minum. Alhasil, Anda jadi sering buang air kecil.

Berat badan naik

Berat badan naik

Baca Juga: Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri dari Segi Tekstur hingga Warna

Asupan garam berlebih pada tubuh dapat membuat berat badan jadi naik.

Terlalu banyak minum membuat berat badan jadi naik. Tapi, jika tak banyak minum, maka Anda akan mengalami dehidrasi akibat garam yang terlalu banyak menyerap cairan tubuh.

Untuk dapat menetralisir keadaan, jalan terbaik adalah dengan mengurangi asupan garam berlebih agar Anda tak mudah haus yang berefek pada berat badan naik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News