Keluarga

Ikuti 4 Cara Mengusir Bau Masakan yang Menyengat di dalam Rumah

Ikuti 4 Cara Mengusir Bau Masakan yang Menyengat di dalam Rumah

MOMSMONEY.ID -  Pahami sejumlah cara untuk mengusir bau masakan yang menyengat terutama di dalam rumah.

Moms yang sering memasak pasti tahu jika bau masakan seringkali terjebak di dalam rumah. Bau masakan akan semakin mengganggu apabila masuk hingga ke area kamar.

Sayangnya, bau masakan yang menyengat ini tak lenyap begitu saja bahkan meski sudah berjam-jam lamanya. Nah, ada solusi dan cara untuk mengusir bau masakan yang menyengat terutama di dalam rumah.

Apa saja cara-caranya? Dilansir dari laman All Recipes dan Cookist, berikut cara untuk mengusir bau masakan yang menyengat terutama di dalam rumah:

Baca Juga: Kurangi Makanan Berminyak, Ini 3 Tips Menggoreng Kentang Dengan Sedikit Minyak

Buka jendela rumah

Cara termudah usir bau masakan yang menyengat di dalam rumah adalah dengan membuka jendela dan membiarkan sirkulasi udara berjalan dengan baik sehingga bau dapat menghilang secara perlahan.

Kentang

Untuk usir bau masakan menyengat yang terlanjur menyebar di seluruh area rumah, Moms bisa menggunakan kentang.

Kentang secara efektif dapat menyerap aneka bebauan, termasuk bau masakan. Caranya, sediakan kentang yang telah dipotong-potong, lalu taburi dengan garam.

Simpan kentang ini di beberapa area dapur dan area lain rumahmu. Utamakan area pojok agar bau masakan dapat menghilang dengan cepat.

Baca Juga: Trik Perbaiki Rasa Makanan yang Terlalu Asin, Moms Bisa Tiru Caranya!

Kopi

Bubuk kopi bisa jadi salah satu cara usir bau masakan di dalam rumah

Kopi selalu jadi bahan yang efektif untuk usir bau masakan di dalam rumah. Aroma kopi yang adiktif dan ramah di hidung membantu menetralkan segala aroma tak sedap dan bebauan yang menyengat.

Cara usir bau masakan di dalam rumah dengan menggunakan kopi bisa dilakukan dengan menempatkan bubuk kopi di setiap pojokan rumah.

Baca Juga: 3 Cara Tepat Menyimpan Ikan Segar dalam Freezer Agar Bertahan Lama

Kupas kulit jeruk

Kulit jeruk

Kulit jeruk juga bisa jadi salah satu cara efektif untuk usir bau masakan di dalam rumah. Seperti yang kita ketahui, jeruk punya aroma khas yang menyengat namun tak mengganggu indra penciuman.

Coba untuk mengupas kulit jeruk yang masih fresh dan rebus kulit jeruk selama 15 menit. Biarkan air rebusan di atas meja dapur hingga bau masakan dapat menghilang sendiri.

Baca Juga: 3 Tips Maksimalkan Rasa Daging Ayam ala Chef Christopher Kimball

Taburkan soda kue di tempat sampahmu

Menaburkan soda kue di tempat sampah dapat jadi cara usir bau masakan di area rumah yang mudah dilakukan.

Soda kue dikenal sebagai penyerap aneka bau tak sedap yang murah dan serbaguna. Agar sampah tak berbau busuk setelah selesai memasak makanan yang menyengat, taburkan soda kue di bagian bawah kantong sampah sebelum membuang apapun.

Baca Juga: Tips Menata dan Memperindah Makanan ala Chef dalam Teknik Food Plating

Anda juga bisa menaburkan soda kue ke atas sampah yang sudah mulai membusuk dan berbau.

Itulah 5 cara yang bisa dilakukan untuk usir bau masakan yang menyengat dan terjebak di dalam area rumah. Jadi, Anda tak perlu lagi khawatir saat akan memasak makanan apapun, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News