Keluarga

Dapat Persingkat Waktu Masak, Ini 5 Perbedaan Utama Garlic Salt dan Garlic Powder

Dapat Persingkat Waktu Masak, Ini 5 Perbedaan Utama Garlic Salt dan Garlic Powder

MOMSMONEY.ID - Bawang putih adalah salah satu bumbu paling vital dan selalu hampir digunakan di setiap masakan. Namun kadang kala ketika sedang terburu-buru, mengupas & mencincang bawang putih bisa jadi hal tersulit yang dilakukan.

Untuk mempersingkat waktu, telah hadir aneka bumbu bawang putih dalam berbagai bentuk, mulai dari garlic powder hingga garlic salt. Kedua jenis bumbu ini memiliki kegunaan yang sama seperti bawang putih pada umumnya.

Namun apa sih sebenarnya perbedaan kedua bumbu bawang putih ini? Untuk tahu beberapa perbedaannya, intip artikel berikut ini yang dilansir dari Lacademie dan All Recipes, selengkapnya!

Baca Juga: Perbedaan Saus Tiram dan Saus Bumbu Rasa Tiram, Mana yang Lebih Enak?

Asal bahan

Garlic powder (bubuk bawang putih) merupakan bumbu yang terbuat dari bawang putih segar yang dikeringkan dan digiling hingga menjadi bubuk.

Sementara garlic salt (garam bawang putih) secara sederhana terbuat dari bubuk bawang putih (garlic powder) & garam meja. Namun, pastikan garam Anda mengandung zat anti-caking yang disebut kalsium silikat.

Singkatnya, garlic powder adalah bawang putih yang dikeringkan dan dihaluskan, sedangkan garlic salt adalah campuran dari garlic powder dan garam.

Baca Juga: 4 Hal Ini yang Membedakan Kecap Asin dengan Kecap Ikan, Sudah Tahu?

Cara pembuatan

Garlic powder dibuat dari siung bawang putih yang nantinya akan diproses oleh dehidrator atau oven untuk dikeringkan sebelum digiling di mesin penggiling.

Garlic salt yang terdiri atas campuran garlic powder dan garam memiliki rasio 6:1 untuk garam dan bubuk bawang putih yang diukur berdasarkan beratnya.

Perbedaan Garlic Salt dan Garlic Powder

Baca Juga: Tergolong Minyak Sehat, Ini 5 Perbedaan Minyak Wijen dan Minyak Zaitun untuk Masakan

Rasa

Karena garlic powder murni terbuat dari bawang putih yang digiling hingga bubuk, maka rasa bawang putihnya tetap kuat seperti rasa bawang putih asli.

Sementara untuk garlic salt, karena garlic salt merupakan campuran dari garlic powder dan garam meja, maka rasa bawangnya jadi lebih lembut. Moms seperti sedang memakan garam dengan rasa & bau yang mirip dengan bawang putih.

Jika Moms ingin rasa bawang yang lembut pada masakan, Moms bisa menggunakan garlic salt. Tapi pastikan untuk tidak melewatkan garam tambahan agar rasa masakan tetap sedap dan tak hambar.

Baca Juga: 4 Perbedaan Utama Mentega dan Margarin, Mulai dari Tekstur hingga Kegunaan

Penggunaan

Baik garlic powder maupun garlic salt bisa dijadikan sebagai bumbu pada masakan apapun. Namun yang perlu diperhatikan adalah penggunaannya.

Menggunakan garlic powder sebagai salah satu bumbu membuat hasil akhir masakan jadi lebih mudah dikontrol dari segi rasa. Sementara garlic salt penggunaannya harus lebih berhati-hati karena jika tidak, khawatir akan membuat masakan jadi terlalu asin.

Baca Juga: Trik Perbaiki Rasa Makanan yang Terlalu Asin, Moms Bisa Tiru Caranya!

Nutrisi

Garlic powder mengandung kalori, karbohidrat, serat, gula, protein, dan potassium yang lebih tinggi. Bumbu yang satu ini juga lebih sehat daripada garlic salt karena dapat mencegah penyakit jantung, flu, dan bahkan menurunkan risiko kanker.

Sementara garlic salt mengandung natrium tinggi yang berasal dari garam. Garlic salt juga dinilai kurang menyehatkan karena mengandung kadar garam yang dapat menyebabkan masalah batu ginjal, kardiovaskular, hingga masalah tekanan darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News