Keluarga

5 Keuntungan Memasak di Rumah Dibanding Makan di Restoran

5 Keuntungan Memasak di Rumah Dibanding Makan di Restoran

MOMSMONEY.ID - Malas masak dan lebih sering memilih makan di restoran? Sepertinya Anda harus menyimak beberapa keuntungan memasak di rumah dibanding makan di restoran.

Meski malas atau bahkan tak bisa memasak, nyatanya memasak di rumah hadirkan banyak keuntungan dibandingkan dengan membeli makan di restoran setiap hari.

Selain dapat lebih berhemat, memasak di rumah juga memungkinkan Anda untuk mengelola makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuh.

Langsung saja simak beberapa keuntungan memasak di rumah daripada makan di restoran, yuk. Melansir dari laman The Whole U dan Better Food, berikut penjelasannya:

Baca Juga: 5 Tips Penting untuk Moms Potong Setengah Anggaran Makanan Jadi Lebih Hemat

Lebih hemat pengeluaran

Budget Belanja Makanan

Makan di restoran memang menyuguhkan pengalaman makan yang enak dan menyenangkan. Tapi, makan masakan di rumah juga punya keuntungan tersediri juga, lo.

Keuntungan memasak di rumah dapat membuat keuangan jadi lebih sehat. Sebab, uang yang dikeluarkan untuk membeli bahan mentah seperti bumbu, sayuran, dan buah-buahan dapat awet untuk beberapa hari dibanding pengeluaran untuk 1x makan di restoran.

Baca Juga: 4 Trik Tetap Hemat Belanja Kebutuhan Gizi Keluarga Tanpa Takut Boros

Porsi lebih besar

Semur Hati Ayam Pedas dengan porsi yang besar

Keuntungan memasak di rumah dibanding makan di restoran juga bisa didapatkan dari segi porsi.

Ketika membeli makanan di restoran, tak jarang kita mendapatkan porsi mungil dengan harga selangit. Sementara dengan harga yang sama, membeli bahan di pasar dan memasaknya di rumah lebih memungkinkan Anda untuk menyajikan jumlah masakan dalam porsi yang lebih banyak.

Dengan memasak di rumah, Anda bisa menghemat uang dan waktu dengan membeli banyak bahan dalam jumlah banyak sekaligus.

Baca Juga: Tips Rahasia Bikin Tepung Panir Awet Menempel dan Tidak Rontok Saat Digoreng

Menghemat waktu

Makan di restoran ternyata membuang waktu lebih banyak dibanding memasak di rumah.

Pada saat sedang terburu-buru, membeli makan di restoran memang solusi paling cepat yang bisa dilakukan. Tapi jangan lupa, makan di restoran hanya berlaku untuk 1x makan.

Baca Juga: Hati-hati! 7 Bahan Makanan Ini Tak Boleh Dibeli dalam Jumlah Banyak

Chef Mengiris Bahan Makanan

Sementara dengan memasak di rumah, maka Anda bisa memasaknya sekaligus dalam porsi besar. Jika makanan tak habis, Anda bisa menghangatkannya kembali untuk dimakan pada keesokan harinya.

Ini bisa jadi salah satu keuntungan memasak di rumah, terutama bagi Anda yang juga ingin menghemat pengeluaran.

Baca Juga: 3 Tips Membuat Kulit Ikan Jadi Lebih Renyah saat Digoreng Tanpa Bikin Gosong

Lebih menyehatkan

Keuntungan memasak di rumah adalah Anda bisa tahu bahan-bahan apa yang Anda olah dan sajikan di atas piring saji.

Berbeda dengan itu, banyak bahan makanan di restoran yang mengandung lemak, garam, dan gula yang sangat tinggi. Melansir dari The Whole U The University of Washington, bahkan kentang goreng McD saja mengandung 19 bumbu yang membuatnya menjadi makanan yang tinggi kalori.

Baca Juga: 6 Cara Mengurangi Minyak yang Menempel pada Makanan yang Digoreng

Meminimalisir terjadinya alergi

Bagi beberapa orang yang mengidap alergi makanan tertentu, memasak di rumah bisa jadi keuntungan tersendiri. Ini karena biasanya keluarga lebih mengetahui dan sebisa mungkin menghindari bahan makanan tertentu untuk anggota keluarga yang mengidap alergi.

Sementara jika membeli makanan di restoran, Anda tak dapat menghindari bahan makanan tertentu sehingga risiko timbulnya alergi bisa lebih besar.

Itulah beberapa keuntungan memasak di rumah daripada makan di restoran. Sesekali makan di restoran memang menyuguhkan pengalaman menyenangkan, namun tak ada salahnya memasak di rumah dan menyantapnya bersama keluarga untuk menekan pengeluaran bulanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News