3 Tips Membuat Kulit Ikan Jadi Lebih Renyah saat Digoreng Tanpa Bikin Gosong

Reporter: Raissa Yulianti
Rabu, 10 Agustus 2022 | 08:52 WIB
3 Tips Membuat Kulit Ikan Jadi Lebih Renyah saat Digoreng Tanpa Bikin Gosong

ILUSTRASI. Ikan goreng bertekstur renyah (dok/Vicky Pham)


MOMSMONEY.ID - Ingin dapatkan tekstur ikan goreng yang renyah di luar namun tak membuat ikan menjadi gosong? Berikut MomsMoney hadirkan tips-tipsnya.

Diperlukan beberapa teknik khusus dalam memasak ikan. Teknik-teknik ini membuat kulit ikan jadi super renyah sekaligus membuatnya jadi tak menempel pada wajan saat dimasak, loh!

Melansir dari Serious Eats dan Modern Woman Agenda, simak 3 tips membuat kulit ikan jadi renyah, berikut ini!

Baca Juga: Kulit Ikan Sering Menempel? Ini 4 Tips Supaya Ikan Tak Lengket Saat Dipanggang

Keringkan ikan

Ikan Goreng Bumbu Taliwang

Ikan memiliki kulit yang lembap. Salah satu cara efektif untuk mendapatkan kulit ikan yang renyah adalah dengan menghilangkan kelembapan pada kulit ikan.

Anda bisa melakukannya dengan cara menepuk-nepuk kulit ikan dengan handuk kertas hingga kulit ikan tak lagi lembab. Cara ini selain bisa membuat kulit ikan jadi renyah, bisa juga membuat ikan tak meletup saat digoreng.

Baca Juga: 7 Bahan Makanan yang Tidak Boleh Dibeli dalam Jumlah Banyak

Wajan harus panas

Agar kulit ikan jadi renyah, Anda harus perhatikan wajan tempat Anda menggoreng ikan. Alasannya adalah karena protein mentah (ikan, dan sebagainya) akan menempel pada logam ketika wajan belum terlalu panas.

Pastikan bahwa wajan telah diberi 2 sdm minyak dan dipanaskan dalam api sedang. Tunggulah hingga minyak mulai mengkilap dan asap tipis telah menggumpal. Lalu letakkan ikan ke atas wajan hingga wajan mendesis.

Langkah selanjutnya, tekan ikan menggunakan spatula selama 30 menit agar kulit ikan bersentuhan langsung dengan wajan. Setelah itu masak seperti biasa.

Baca Juga: 4 Cara Agar Minyak Tidak Meletup Saat Menggoreng Ikan

Membalik ikan tepat waktu

Saat sedang menggoreng, jangan terlalu terburu-buru ingin membalikkan ikan. Tunggulah hingga ikan matang dengan sendirinya.

Jika ikan terasa sulit untuk dibalikkan, artinya kulit ikan belum benar-benar matang sehingga belum bertekstur renyah. Jika Anda memaksakan ikan untuk dibalik, maka kulit ikan malah akan terkelupas dari badannya.

Tunggulah hingga ikan matang. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan tekstur ikan renyah serta kulit ikan yang tak emnempel pada wajan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Raissa Yulianti

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER