Keluarga

5 Ide Kegiatan Bermakna yang Bisa Dilakukan Saat Tahun Baru Imlek

5 Ide Kegiatan Bermakna yang Bisa Dilakukan Saat Tahun Baru Imlek

MOMSMONEY.ID - Sambut Tahun Baru Imlek kali ini dengan berbagai kegiatan bermakna yang bisa dilakukan. Untuk tahu apa saja ide kegiatan saat Imlek yang cocok untuk Anda, simak artikel ini selengkapnya.

Ada berbagai tradisi dan kegiatan yang biasa dilakukan saat Tahun Baru Imlek tiba. Tradisi & kebiasaan ini memiliki tujuan untuk menyambut keberuntungan dan kemakmuran.

Bagi Anda yang akan menyambut perayaan Tahun Baru Imlek, berikut telah Momsmoney sajikan berbagai ide kegiatan yang bisa dilakukan saat Imlek tiba. Dilansir dari Chine Highlights dan Travel China Guide, berikut selengkapnya.

Baca Juga: Bikin Hoki Naik, Santap 6 Makanan Pembawa Keberuntungan ini Saat Imlek Tiba

Bertukar angpau

Angpau untuk Imlek

Angpau jadi salah satu hal yang wajib ada saat perayaan Tahun Baru Imlek. Nah, salah satu ide kegiatan saat Imlek adalah bertukar angpau merah dengan saudara yang lebih muda.

Di Cina Selatan, angpau dapat berisi sejumlah uang yang cukup tebal dan biasanya dibelikan untuk membeli buku & perlengkapan sekolah.

Baca Juga: Makin Makmur, Ikuti 8 Cara Dapatkan Keberuntungan di Perayaan Imlek Tahun Ini

Makan bersama keluarga

Salah satu ide kegiatan saat Imlek tiba yang paling penting adalah makan bareng keluarga. Tak peduli sejauh apa jarak yang harus ditempuh, makan bareng keluarga saat Tahun Baru Imlek ditafsirkan sebagai keluarga jauh yang harus bersatu kembali.

Umumnya pada saat makan bareng keluarga ini, menu masakan yang wajib dihidangkan adalah ikan. Ikan dalam bahasa Cina disebut sebagai “Yu” yang berarti “kelebihan”, baik dalam arti kekayaan maupun kebutuhan rumah.

Baca Juga: 9 Inspirasi Nail Art Tema Imlek 2023 yang Bikin Kuku Anda Jadi Cantik

Hiasan berwarna merah

Mendekorasi seluruh rumah dengan warna merah bisa menjadi salah satu ide kegiatan saat Imlek tiba.

Warna merah itu sendiri merupakan warna utama Imlek yang dipercaya sebagai warna keberuntungan saat Tahun Baru Imlek tiba. Warna merah dapat menambah kemakmuran & energi positif, serta dpat menangkal hal-hal negatif & roh jahat yang mengitari kita.

Anda bisa mendekorasi rumah dengan aneka gantungan seperti lentera merah hingga berbagai jenis gantungan khas Imlek lainnya.

Baca Juga: 10 Hal Terlarang yang Tabu Dilakukan Saat Hari Pertama Imlek

Menonton Atraksi Barongsai

Tradisi Perayaan Imlek di Los Angeles

Barongsai & Liang Liong (tarian naga) adalah salah satu tradisi yang masih terus dikembangkan orang-orang Tionghoa baik di Indonesia maupun di Cina itu sendiri.

Nah apabila Anda sedang bingung mencari apa saja ide kegiatan yang bisa dilakukan saat perayaan Tahun Baru Imlek tiba, maka Anda bisa meluangkan waktu menonton pertunjukkan Barongsai & Liang Liong yang biasanya ada di berbagai vihara hingga mall-mall besar & jalan raya.

Baca Juga: Mengenal 4 Jenis Kue Keranjang Imlek yang Jarang Diketahui

Persembahan terhadap leluhur

Kegiatan persembahan terhadap leluhur saat Imlek

Baca Juga: Meriah dan Penuh Makna, Intip 8 Tradisi Perayaan Imlek di Seluruh Dunia

Ide kegiatan saat Imlek tiba bisa dilakukan dengan melakukan persembahan terhadap leluhur.

Tradisi Tahun Baru Imlek yang satu ini memang sangat dijaga ketat oleh orang-orang Tionghoa agar tak melupakan para leluhurnya.

Contoh persembahan terhadap leluhur bisa dilakukan dengan mengunjungi kuburan leluhur pada hari sebelum Imlek tiba, mempersembahkan “makanan” terhadap leluhur, hingga menambah gelas tambahan untuk leluhur dan meletakkannya saat makan bareng keluarga.

Itulah sederet ide kegiatan yang bisa dilakukan saat perayaan Tahun Baru Imlek tiba. Mari lakukan kegiatan-kegiatan di atas agar perayaan Imlek tahun ini lebih bermakna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News