Keluarga

10 Hal Terlarang yang Tabu Dilakukan Saat Hari Pertama Imlek

10 Hal Terlarang yang Tabu Dilakukan Saat Hari Pertama Imlek

MOMSMONEY.ID - Ada sederet hal terlarang saat hari pertama Imlek yang masih terus dipegang erat dan dipercayai oleh sebagian orang Tionghoa.

Hal-hal terlarang ini cukup tabu dilakukan, terutama pada hari pertama perayaan Imlek, karena dipercaya dapat menyebabkan kesialan. 

Mulai dari datangnya kemiskinan, nasib buruk, hingga sakit yang terus menerus sepanjang tahun.

Nah, berikut ini Momsmoney telah merangkum 10 hal terlarang saat hari pertama Imlek yang dilansir dari China Highlights, Confucius Institute, dan Travel China Guide, selengkapnya:

Baca Juga: Bikin Hoki Naik, Santap 6 Makanan Pembawa Keberuntungan ini Saat Imlek Tiba

Menyapu rumah

Hal terlarang saat hari pertama Imlek adalah menyapu rumah. Menyapu rumah pada hari pertama Imlek terbilang cukup tabu.

Pasalnya, dipercaya menyapu rumah sama dengan menyapu seluruh kekayaan dan keberuntungan yang akan muncul pada tahun depan. Menyapu rumah hanya disarankan dilakukan pada hari-hari sebelumnya.

Minum obat

Anak minum obat

Baca Juga: Meriah dan Penuh Makna, Intip 8 Tradisi Perayaan Imlek di Seluruh Dunia

Hal tabu saat hari pertama Imlek adalah meminum obat. Meminum obat pada hari pertama Imlek dipercaya dapat membuat orang tersebut sakit-sakitan selama setahun penuh.

Sementara di beberapa tempat lain, ada kepercayaan bahwa orang sakit yang memecahkan gallipot (pot obat) pada hari pertama Imlek diyakini akan mengusir penyakit di masa mendatang.

Mandi & mencuci pakaian

Mandi dan mencuci pakaian juga termasuk ke dalam golongan hal-hal terlarang saat hari pertama Imlek.

Menurut legenda kuno, hari pertama dan kedua Imlek merupakan hari lahirnya Dewa Air. Maka dari itu, jangan menggunakan air untuk mandi, keramas, hingga mencuci pakaian sebagai bentuk rasa hormat kepada Dewa Air.

Baca Juga: Dianggap Hapus Keberuntungan, Hindari 6 Makanan Pembawa Sial ini Saat Perayaan Imlek

Pinjam meminjam

Meminjam ataupun meminjamkan uang dan barang kepada orang lain adalah hal tabu saat hari pertama Imlek.

Dianggap tabu dan terlarang karena meminjamkan uang dipercaya sebagai tanda kesialan. Bagi yang meminjamkan uang pada hari pertama Imlek, Anda akan mengalami kerugian ekonomi.

Sayangnya, meminta pengembalian uang kepada orang yang diutangkan juga termasuk hal tabu saat hari pertama Imlek.

Jadi, ada baiknya untuk tidak meminjam dan meminjamkan apapun kepada teman, saudara, ataupun tetangga agar semua terhindar dari kesialan.

Memotong rambut

Hal terlarang saat hari pertama Imlek adalah memotong rambut. Dipercaya hal ini menandakan kematian saudara yang tentu saja akan menjadi berita buruk bagi keluarga besar.

Jika Anda ingin memotong rambut, potonglah rambut di hari lain selain hari-hari Imlek.

Baca Juga: Makin Makmur, Ikuti 8 Cara Dapatkan Keberuntungan di Perayaan Imlek Tahun Ini

Makan bubur saat sarapan

Bubur Manado

Hal tabu saat hari pertama Imlek adalah menyantap bubur.

Anda dilarang menyantap bubur sebagai sarapan di pagi hari pada saat hari pertama Imlek karena dipercaya akan mencerminkan kehidupan terpuruk bagi siapapun yang memakannya.

Sebab, dahulu orang-orang miskin hanya mampu membeli bubur saja untuk merayakan Imlek. Sementara orang biasa bisa makan pangsit untuk perayaan Imlek. Maka dari itu, sebaiknya hindari makan bubur pada hari tersebut.

Baca Juga: Meriah dan Penuh Makna, Intip 8 Tradisi Perayaan Imlek di Seluruh Dunia

Memberikan salam kepada orang tidur

Hal terlarang saat hari pertama Imlek adalah membangunkan orang tidur dan memberikan ucapan selamat Imlek kepada orang yang masih tidur tersebut.

Jika salah satu dari keduanya dilakukan, maka dipercaya orang yang sedang tidur akan terus menerus terbaring di tempat tidur karena sakit berkepanjangan.

Tidur siang

Tidur siang menjadi hal tabu saat hari pertama Imlek. Soalnya, hal ini dipercaya dapat sebabkan kemalasan sepanjang tahun.

Baca Juga: Resep Spesial Imlek Bolu Gulung Jeruk, si Dessert Manis yang Mirip Jeruk Mandarin

Dilarang mengunjungi rumah orang tua

Khusus bagi perempuan Tionghoa yang sudah menikah, ada sebuah pantangan yang tak boleh dilanggar, yakni tak boleh mengunjungi rumah orang tua pada hari pertama Imlek.

Tak boleh mengunjungi rumah orang tua menjadi salah satu hal terlarang saat hari pertama Imlek. Sebab, dipercaya orang tua perempuan tersebut akan dilanda kemiskinan.

Bagi perempuan yang telah menikah, akan lebih baik mengunjungi rumah orang tua pada saat hari kedua & ketiga Imlek.

Ini juga berlaku untuk laki-laki yang telah menikah dan tinggal bersama orang tuanya.

Baca Juga: Resep Kakap Merah Saus Asam Manis ala Restoran Mewah

Memakai pakaian monokrom

Seperti yang kita ketahui, warna merah adalah salah satu warna keberuntungan di hari Imlek. Maka dari itu, dianjurkan untuk memakai segala jenis barang yang berunsur merah.

Tapi hal tabu saat hari pertama Imlek yang tak boleh dilakukan, salah satunya adalah memakai pakaian dengan warna monokrom (hitam dan putih).

Warna monokrom melambangkan kesialan. Sebab, pakaian hitam-putih hanya berlaku untuk acara-acara menyedihkan seperti pemakaman dan upacara berkabung. Selain itu, tidak etis rasanya memakai pakaian monokrom saat festival berlangsung.

Itulah sederet hal terlarang saat hari pertama Imlek. Percaya tak percaya, sederet hal tabu ini masih terus dipegang oleh sebagian orang Tionghoa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News