Keluarga

Bikin Hoki Naik, Santap 6 Makanan Pembawa Keberuntungan ini Saat Imlek Tiba

Bikin Hoki Naik, Santap 6 Makanan Pembawa Keberuntungan ini Saat Imlek Tiba

MOMSMONEY.ID - Mau hoki jadi bertambah sepanjang tahun 2023? Coba santap beberapa makanan pembawa keberuntungan ini saat perayaan Tahun Baru Imlek tiba.

Perayaan Imlek merupakan salah satu perayaan terbesar yang selalu digelar di berbagai belahan dunia, khususnya negara-negara Asia.

Pada perayaan Imlek, terdapat beberapa kepercayaan tertentu mengenai keberuntungan yang bersumber dari legenda kuno Tionghoa.

Kepercayaan-kepercayaan ini di antaranya mengenai makanan pembawa keberuntungan yang wajib dikonsumsi saat perayaan Imlek.

Makanan pembawa keberuntungan ini dipercaya membawa kemakmuran, kekayaan, dan hoki selama setahun ke depan.

Intip sederet makanan pembawa keberuntungan yang dirangkum dari The China Project, Serious Eats, Taste of Home, dan China Highlights, berikut:

Baca Juga: Meriah dan Penuh Makna, Intip 8 Tradisi Perayaan Imlek di Seluruh Dunia

Ayam kukus

Ayam utuh yang dikukus menjadi salah satu menu makanan yang tersedia saat perayaan Imlek tiba. Ayam utuh dianggap sebagai salah satu makanan pembawa keberuntungan yang mewakili kebersamaan keluarga.

Ayam melambangkan kelahiran. Maka dari itu, ayam harus disajikan utuh bersama kepala dan kakinya.

Hidangan kaki ayam (ceker) biasanya disuguhkan untuk para pencari nafkah keluarga seperti misalnya ayah, sebagai lambang meraih kekayaan.

Ayam juga dipersembahkan kepada leluhur yang telah meninggal untuk persembahan berkah dan perlindungan dunia lain.

Baca Juga: Sambut Imlek 2023, Intip 5 Fungsi Rasa dalam Pengobatan Tradisional Tiongkok

Ikan

Ikan Mas Chili Bean Sauce

Ikan dipercaya sebagai makanan pembawa keberuntungan jika dikonsumsi saat Hari Imlek tiba. Ini disebabkan karena kata ikan dalam bahasa China, yakni yoo, sekilas terdengar seperti kata dalam bahasa Cina yang berarti surplus.

Surplus sendiri menurut KBBI merupakan jumlah yang melebihi hasil biasanya. Orang-orang Tionghoa percaya, jika di akhir tahun mereka mendapat surplus, maka itu artinya mereka telah berhasil menabung selama setahun penuh.

Selain dianggap pembawa keberuntungan, ikan juga merupakan salah satu hidangan tradisional yang disajikan saat makan malam Tahun Baru Imlek.

Baca Juga: 6 Tradisi dan Kegiatan yang Bisa Dilakukan Saat Perayaan Imlek Tiba

Jiaozi (Pangsit)

Pangsit Jiaozi

Jiaozi dipercaya termasuk ke dalam golongan makanan pembawa keberuntungan karena merupakan perlambangan uang.

Menurut legenda kuno, jumlah jiaozi atau pangsit yang Anda makan saat Imlek berlangsung dapat memprediksi jumlah uang yang akan Anda hasilkan di tahun mendatang.

Chun Juan (Lumpia)

Lumpia

Chun Juan atau lumpia goreng juga dipercaya sebagai salah satu makanan pembawa keberuntungan karena warnanya yang keemasan.

Warna lumpia yang keemasan, ditambah dengan batangannya yang renyah dipercaya merupakan perlambangan dari emas batang serta kemakmuran yang melimpah.

Baca Juga: Resep Spesial Imlek Bolu Gulung Jeruk, si Dessert Manis yang Mirip Jeruk Mandarin

Jeruk Mandarin

Jeruk Mandarin

Jeruk Mandarin adalah salah satu hidangan yang wajib hadir dalam setiap perayaan Imlek. Jeruk ini juga dipercaya membawa banyak keberuntungan, loh!

Bentuknya yang bulat serta warna oranye yang mencolok dipercaya sebagai perlambang kemakmuran dan pembawa keberuntungan bagi siapapun yang menerimanya.

Baca Juga: Ubah Rambutmu, Ini 5 Tren Warna Rambut yang Akan Popular di Tahun 2023

Mie Panjang Umur

Mie sebagai Makanan Pembawa Keberuntungan Saat Imlek Tiba

Mie Panjang Umur atau Changsou Mian juga dianggap sebagai salah satu makanan pembawa keberuntungan, khususnya dalam hidup.

Mie ini memiliki panjang hingga 2 kaki atau setara dengan 0,6 meter. Menurut tradisi China, semakin panjang mie, semakin panjang keberuntungan yang akan Anda peroleh.

Baca Juga: Daftar 30 Destinasi Wisata Terbaik 2023 yang Jadi Referensi Libur Tahun Baru

Dengan memakan Mie Panjang Umur saat perayaan Imlek tiba, dipercaya bahwa Anda sedang menggantungkan keberuntungan.

Sebab, apabila Anda tak sengaja memotong mie ini saat sedang makan, maka Anda akan mengalami nasib sial. Pastikan untuk menyajikan Mie Panjang Umur ini saat perayaan Imlek tiba.

Bagi Anda yang akan merayakan Imlek, jangan lupa hadiahkan orang-orang terkasih dengan beberapa makanan pembawa keberuntungan seperti di atas, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News