Keluarga

Dianggap Hapus Keberuntungan, Hindari 6 Makanan Pembawa Sial ini Saat Perayaan Imlek

Dianggap Hapus Keberuntungan, Hindari 6 Makanan Pembawa Sial ini Saat Perayaan Imlek

MOMSMONEY.ID - Selama perayaan Imlek berlangsung, terdapat beberapa makanan yang wajib dihindari karena dianggap sebagai makanan pembawa sial.

Ada berbagai jenis makanan pembawa sial mulai dari buah, makanan pokok, hingga makanan laut yang sebaiknya dihindari demi kelancaran rezeki dan keberuntungan tahun ini.

Untuk tahu apa saja aneka makanan imlek pembawa sial, berikut Momsmoney rangkum dari laman Know Insiders, Atlas Travel Web, Nyonya Cooking, dan Buro 247 selengkapnya:

Baca Juga: Bikin Hoki Naik, Santap 6 Makanan Pembawa Keberuntungan ini Saat Imlek Tiba

Makanan berwarna putih

Makanan yang berwarna putih dianggap sebagai makanan pembawa sial, terutama apabila dikonsumsi saat perayaan Imlek tiba.

Seperti yang kita ketahui, merah adalah warna keberuntungan saat Imlek. Sebaliknya, warna putih dianggap sebagai warna kematian sehingga sebabkan kesialan.

Hindari makanan berwarna putih seperti tahu, telur, roti putih, nasi, kelapa, hingga keju. Sebaiknya, menyajikan makanan dengan penuh warna seperti merah, kuning, dan hijau karena dianggap sebagai makanan pembawa keberuntungan.

Mun Tahu

Baca Juga: Meriah dan Penuh Makna, Intip 8 Tradisi Perayaan Imlek di Seluruh Dunia

Buah pir

Buah pir juga tergolong sebagai makanan imlek pembawa sial. Meski rasanya manis dan menyegarkan, ada beberapa alasan mengapa buah yang satu ini digolongkan ke dalam maknana pembawa sial.

Kata “pir” dalam bahasa Mandarin memiliki pengucapan yang mirip dengan kata bahasa Mandarin lainnya yang memiliki arti “pergi”.

Memberi buah pir kepada seseorang pada saat perayaan Tahun Baru Imlek dipandang negatif karena dianggap sebagai simbol perpisahan dan ucapan selamat tinggal.

Lobster, udang, dan kepiting

Makanan Pembawa Sial Saat Perayaan Imlek

Baca Juga: Sambut Imlek 2023, Intip 5 Fungsi Rasa dalam Pengobatan Tradisional Tiongkok

Lobster, udang, hingga kepiting dianggap sebagai aneka makanan pembawa sial, terutama jika disantap saat Hari Imlek tiba.

Memakan makanan laut ini pada hari pertama perayaan Imlek tiba dipercaya akan membawa kesialan sepanjang tahun dan mencegah keberuntungan di tahun mendatang. Sebab, ketiga hewan laut ini berenang mundur sehingga dianggap sial.

Bubur

Bubur dianggap sebagai makanan Imlek pembawa sial. Banyak orang Tionghoa yang percaya bahwa mengonsumsi bubur saat sarapan akan membawa kesialan karena bubur melambangkan kemiskinan.

Mie Pendek

Menurut kepercayaan kuno China, mie pendek tergolong ke dalam makanan pembawa sial, terutama jika dikonsumsi selama perayaan Imlek.

Mie panjang melambangkan umur yang panjang. Sementara mie pendek atau dipotong dianggap sebagai umur yang pendek sehingga membawa kesialan bagi siapapun yang mengonsumsinya.

Untuk menghindari mie terputus saat dimakan, maka makanlah dengan cara menyeruputnya hingga benar-benar habis.

Baca Juga: Resep Kakap Merah Saus Asam Manis ala Restoran Mewah

Pisang

Pisang

Baca Juga: Resep Spesial Imlek Bolu Gulung Jeruk, si Dessert Manis yang Mirip Jeruk Mandarin

Buah pir bukanlah satu-satunya jenis buah yang dianggap sebagai makanan pembawa sial. Ada pula pisang yang juga dianggap bawa sial.

Bentuk pisang yang melengkung dikatakan mirip tangan yang mengemis sehingga dianggap sebagai kesialan dan ketidakberuntungan selama setahun.

Apabila Anda mempercayai berbagai jenis takhayul dan kepercayaan China kuno, maka hindarilah memakan sederet makanan pembawa sial ini selama perayaan Imlek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News