Keluarga

3 Cara Terbaik Bikin Kentang Kupas Tak Menghitam Karena Oksidasi

3 Cara Terbaik Bikin Kentang Kupas Tak Menghitam Karena Oksidasi

MOMSMONEY.ID - Kentang yang Moms kupas menghitam dengan cepat? Itu namanya oksidasi. Intip cara terbaik bikin kentang kupas tak menghitam, seperti yang berikut ini!

Proses oksidasi pada kentang kupas terjadi karena kentang secara alami tergolong ke dalam jenis sayuran yang mengandung pati. Sementara itu, reaksi kimia pati jika terkena oksigen akan berubah warna menjadi kecoklatan atau abu-abu.

Tapi tenang, untuk Moms yang ingin tampilan kentang tetap berwarna putih dan bersih, MomsMoney sajikan 3 cara terbaik bikin kentang kupas tak menghitam. Melansir dari Master Class dan Taste of Home, ini dia!

Baca Juga: Sulit Dimakan Karena Rasanya Pahit, Ini 5 Cara Bikin Pare Jadi Tidak Pahit

Rendam dalam air dingin

Cara terbaik bikin kentang kupas tak menghitam karena oksidasi adalah dengan cepat merendamnya ke dalam air dingin.

Jika kentang tak segera dimasak, simpan kentang kupas yang tertutup air di dalam lemari es hingga Anda siap memasaknya.

Namun perlu diingat, jika Anda ingin menggoreng kentang, lap kentang dengan tisu hingga benar-benar kering. Ini ditujukan agar pada saat menggoreng, minyak tidak meletup-letup.

Baca Juga: 6 Cara Mudah Mengentalkan Kuah dan Saus yang Terlalu Encer

Kentang

Baca Juga: Hemat Pengeluaran, Ikuti 3 Tips Mengolah Sayuran Hijau yang Layu Agar Kembali Segar

Tambahkan jus lemon

Menambahkan zat asam adalah salah satu cara terbaik bikin kentang kupas tak menghitam akibat oksidasi. Zat asam tersebut bisa diperoleh dari jus lemon ataupun cuka.

Tuangkan jus lemon atau cuka ke dalam kentang yang telah dikupas, lalu aduk semuanya hingga seluruh permukaan kentang kupas terlapisi zat asam tersebut.

Baca Juga: 5 Tips Rahasia Bikin Kentang Goreng Buatanmu Jadi Super Renyah ala Restoran

Rendam dalam air garam

Cara terbaik bikin kentang kupas tak menghitam karena oksidasi adalah dengan mencelupkan kentang ke dalam air garam. Kombinasi air dengan garam adalah cara terbaik mencegah proses oksidasi terjadi.

Itulah beberapa cara terbaik untuk bikin kentang kupas tak menghitam dengan cepat karena proses oksidasi. Moms bisa tiru cara di atas saat akan menggoreng kentang, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News