Santai

Warna-Warna yang Bisa Dilihat Oleh Hewan Peliharaan

Sumber: Daily Paws,VCA Hospitals
Kamis, 22 Juli 2021 | 15:25 WIB
Warna-Warna yang Bisa Dilihat Oleh Hewan Peliharaan

MOMSMONEY.ID - Kucing dan anjing adalah hewan yang lincah dan suka bermain. Selain bermain, mereka juga suka berburu. Maka tak heran bila kedua hewan ini memiliki penglihatan yang tajam. Namun, pernahkah Anda berpikir seperti apakah ketika hewan peliharaan melihat sesuatu? Apakah mereka bisa mengenali warna?

Pembahasan mengenai hewan melihat warna adalah topik penelitian lama dan hasilnya sangat menakjubkan. Warna dibedakan oleh sel-sel saraf mata. Retina mata memiliki dua jenis sel utama yang mendeteksi tingkat cahaya, gerakan, dan kerucut yang membedakan warna.

Manusia memiliki tiga jenis kerucut sehingga bisa mengombinasikan warna merah, biru, dan hijau. Namun, anjing hanya memiliki dua jenis kerucut sehingga hanya dapat membedakan warna biru dan kuning. Persepsi warna yang terbatas ini disebut penglihatan dikromatik.

Baca Juga: Alasan Kenapa Kucing Suka Masuk ke Dalam Kotak

Dilansir dari vcahospitals.com, dalam penglihatan normal anjing, penglihatan yang dimilikinya mirip seperti manusia yang buta warna merah dan hijau. Itulah kenapa masalah buta warna pada anjing tidak dipermasalahkan.

Secara detail, warna merah bagi anjing tampak abu-abu kecoklatan tua atau hitam. Sementara itu, warna kuning, oren, dan hijau tampak agak kekuningan. Mereka melihat warna biru dengan baik, tetapi ungu terlihat sama dengan biru.

Anjing sebenarnya tidak benar-benar melihat warna pada suatu objek, tetapi mereka mengenali benda dengan cara menggunakan indra penciumannya. Selain itu, anjing juga lebih rabun jauh daripada manusia. Saat melihat suatu objek yang sebenarnya tampak tajam, bagi anjing terlihat kabur.

Lalu, bagaimana dengan kucing?

Baca Juga: Amankah Anjing Peliharaan Minum Susu Fermentasi (Kefir)? Simak Jawabannya

Kucing memiliki dua kerucut pendeteksi warna yang memungkinkan mereka melihat panjang gelombang cahaya biru-ungu dan kuning-hijau, tetapi tidak merah-oren. Penglihatan ini mirip dengan anjing. Dilansir dari dailypaws.com, kucing biasanya melihat sesuatu dalam warna kuning, abu-abu, dan biru.

Selain persepsi warna, kucing juga memiliki rabun jauh yang lebih daripada manusia. Kucing baru bisa melihat dengan jelas setelah berjarak 20 kaki jauhnya. Namun, kucing memiliki mata yang terletak di sisi kepala sehingga jangkauan penglihatan tepinya lebih luas.

Kucing juga memiliki sel reflektif di bawah retina yang membentuk tapetum. Tapetum memberikan tampilan berkilau pada mata kucing dan meningkatkan kemampuannya melihat dalam cahaya yang redup.

Selain itu, sel batang di retina kucing lebih banyak. Hal ini membuat kucing dapat mendeteksi gerakan kecil pada jarak yang jauh. Itulah kenapa kucing merupakan hewan pemburu yang baik.

Selanjutnya: Ini Tujuan Sebenarnya Kucing Memakan Rumput-Rumputan

 

Editor: Anggi Miftasha
Terbaru
momsmoney.id