HOME, Keluarga

Ini Tujuan Sebenarnya Kucing Memakan Rumput-Rumputan

Ini Tujuan Sebenarnya Kucing Memakan Rumput-Rumputan

MOMSMONEY.ID - Saat mengajak kucing peliharaan keluar rumah, Anda mungkin akan mendapati kucing Anda mengendus-endus dan mengunyah rumput-rumputan. Anda tak perlu merasa heran atau bahkan melarangnya karena hal ini adalah kebiasaan yang wajar bagi kucing.

Baik kucing rumahan maupun kucing liar, memakan rumput adalah hal yang umum. Biasanya, setelah memakan rumput kucing akan memuntahkannya kembali. Hal ini bertujuan untuk mengurangi sari makanan atau racun pada tubuh si kucing.

Baca Juga: Amankah Anjing Peliharaan Minum Susu Fermentasi (Kefir)? Simak Jawabannya

Tumbuhan sejatinya tidak dapat dicerna dengan baik oleh kucing, maka kucing selalu memuntahkan kembali apa yang tak bisa dicernanya. Dilansir dari catlovers.id, sebelum dimuntahkan, kucing mengambil sari atau kandungan di dalam rumput.

Hal ini kemudian dimanfaatkan oleh naluriah kucing untuk membantu memuntahkan hal-hal yang mengganggu sistem pencernaanya. Misalnya, saat memakan tikus atau apapun terkadang ada bagian yang tak bisa dicerna oleh kucing.

Baca Juga: Alasan Kenapa Kucing Suka Masuk ke Dalam Kotak

Kemudian, saat kucing membersihkan tubuhnya sendiri, tentu ada bulu yang ikut tertelan karena rontok. Hal-hal seperti itu bila tak dikeluarkan, akan mengganggu sistem pencernaan kucing dan membuat perutnya sakit.

Adapun tumbuhan rumput catnip tidak berfungsi sebagai pembantu pencernaan kucing, tetapi sebagai stimulan. Efek catnip akan membuat kucing hiperaktif dan meredakan stres.

Meski demikian, Anda harus tetap hati-hati dalam memilih rumput untuk dikunyah kucing. Sebab, ada pula tumbuhan yang beracun. Memakan terlalu banyak tumbuhan juga dapat menyebabkan diare pada kucing.

Selanjutnya: Bisakah Kucing Makan Brokoli?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News