HOME, Keluarga

Amankah Anjing Peliharaan Minum Susu Fermentasi (Kefir)? Simak Jawabannya

Amankah Anjing Peliharaan Minum Susu Fermentasi (Kefir)? Simak Jawabannya

MOMSMONEY.ID - Anjing merupakan hewan yang aktif dan suka melahap apapun yang mereka temui. Tanpa Anda tahu, mungkin mereka akan memakan hal-hal yang dapat mengganggu kesehatannya. Salah satunya diare dan sakit perut.

Jika anjing Anda menderita alergi terus menerus dan terkadang sakit perut, probiotik adalah cara alami dan sehat untuk memperbaiki usus dan sistem pencernaannya. Probiotik alami ini dapat ditemukan dalam kandungan kefir.

Dilansir dari journalofdairyscience.org, kefir adalah susu fermentasi tradisional yang mengandung lebih dari 50 spesies mikroorganisme, termasuk bakteri asam laktat, ragi, dan bakteri asam asetat. Kefir memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan sistem pencernaan.

Baca Juga: Jenis-Jenis Ikan Hias Air Tawar di Akuarium Paling Populer

Anjing direkomendasika meminum kefir sebagai bagian dari program dietnya. Anda tak perlu khawatir karena kefir aman untuk anjing.

Menurut penelitian berjudul “Modulation of the intestinal microbiota of dogs by kefir as a functional dairy product”, kefir tidak membahayakan kesehatan anjing dan tidak berbahaya bagi saluran pencernaan anjing.

Konsumsi kefir oleh anjing juga tidak berisiko anemia, peradangan sistemik, atau gangguan koagulatif.

Penelitian ini juga melaporkan bahwa dua minggu pemberian kefir dapat berhasil memodulasi mikrobiota usus pada anjing dewasa yang sehat, tanpa mengakibatkan efek samping. Dengan ini, kefir dianggap sebagai suplemen makanan probiotik potensial untuk penyakit.

Baca Juga: Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Awet

Konsumsi kefir secara signifikan dapat meningkatkan kelimpahan relatif bakteri asam laktat, menurunkan rasio Firmicutes: Bacteroidetes, dan meningkatkan rasio bakteri asam laktat: Enterobacteriaceae.  

Temuan yang agak luar biasa adalah pengurangan kelimpahan relatif filum fusobacteria, yakni bakteri anaerob yang menempati rongga mulut, usus, dan saluran genital perempuan.

Namun, Anda perlu memperhatikan konsumsi kefir untuk anjing tidak boleh berlebihan. Hanya boleh diberikan sesekali sebagai cemilan.

Selanjutnya: Mengetahui Kondisi Kesehatan Kucing dan Anjing dari Fesesnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News