Keluarga

Wadah Bau Sambal Terasi? Ikuti 6 Cara Hilangkan Bau Terasi pada Wadah

Wadah Bau Sambal Terasi? Ikuti 6 Cara Hilangkan Bau Terasi pada Wadah

MOMSMONEY.ID - Sulit hilangkan bau terasi pada wadah? Coba ikuti beberapa cara yang berikut ini.

Terasi merupakan salah satu bahan makanan/bumbu yang punya bau sangat menyengat. Bau terasi juga sangat sulit dihilangkan, sehingga meninggalkan efek hingga berhari-hari lamanya.

Berikut ini MomsMoney hadirkan beberapa tips ampuh hilangkan bau terasi ini dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapat.

Mau tahu apa saja tipsnya? Intip artikel ini yang dilansir dari Palmia dan The Kitchn, selengkapnya!

Ampas kopi

Kopi dikenal dapat menetralkan berbagai aroma tak sedap, salah satunya hilangkan bau terasi. Hilangkan  bau terasi dapat dilakukan dengan cara mengambil ampas kopi dan menyimpannya pada wadah yang berbau.

Ampas kopi, baik yang basah maupun yang kering tetap bisa digunakan untuk hilangkan bau terasi. Cukup diamkan ampas kopi dalam wadah hingga bau terasi hilang dengan sendirinya.

Baca Juga: Waspadai Gempa di Cianjur & Jember, Ini 8 Cara Menyelamatkan Diri dari Gempa Bumi

Pakai air lemon

Lemon yang mengandung asam memiliki peran yang sangat efektif untuk hilangkan bau terasi pada wadah hingga cobek.

Tak hanya itu, asam pada lemon juga dapat hilangkan noda segala jenis membandel & membuat wadah jadi harum karena memiliki aroma segar yang hilangkan bau tak sedap.

Cara paling ampuh untuk hilangkan bau terasi pada wadah adalah:

  1. Campurkan air hangat dengan perasan jeruk lemon
  2. Masukkan wadah yang bau terasi ke dalam air tadi.
  3. Biarkan wadah terendam selama 30 menit
  4. Bilas wadah dengan sabun serta air untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga: Sering Lesu? Ini 5 Makanan yang Mengandung Zat Besi Lebih Tinggi dari Daging

Cuka putih

Hilangkan Bau Terasi pada wadah

Cuka putih dikenal sebagai salah satu bahan pembersih yang paling ampuh dan sering digunakan untuk membersihkan berbagai macam peralatan.

Selain itu, cuka putih juga dapat hilangkan bau terasi yang menempel pada wadah, loh! Caranya, cukup campurkan 1 tetes cuka putih ke dalam air secukupnya, lalu aduk rata dan biarkan wadah terendam pada air campuran cuka putih tersebut hingga baunya hilang.

Baca Juga: Waspadai Gejalanya, Ini 5 Tanda Aneh pada Tubuh Saat Kekurangan Zat Besi

Arang

Arang juga jadi salah satu cara hilangkan bau terasi pada wadah. Sebetulnya, arang memang merupakan barang yang dapat menyerap aneka bau tak sedap, termasuk bau apek hingga bau hewan.

Untuk dapat hilangkan bau terasi pada wadah, Anda bisa menempatkan sepotong arang pada wadah lalu tutup dan biarkan hingga semua aroma bau terasi terserap.

Tapi anda perlu berhati-hati dan mencuci bersih wadah bekas arang hingga benar-benar bersih dan tak meninggalkan kandungan yang berbahaya bagi tubuh.

Baca Juga: Bikin Kembali Ceria, Ini 6 Minuman Mood Booster untuk Atasi Stres dan Perasaan Sedih

Ampas kelapa parut

Tidak seperti ampas kopi yang dibiarkan dalam wadah hingga bau hilang sendiri, ampas kelapa parut harus digosokkan pada wadah agar bau terasi hilang.

Ampas kelapa parut bekas membuat santan bisa digosokkan pada wadah selama beberapa kali hingga bau terasi benar-benar hilang. Setelah itu, jangan lupa untuk membilas wadah dengan sabun agar lemak bekas kelapa menghilang.

Cahaya matahari

Cahaya matari langsung juga dapat hilangkan bau terasi yang menempel pada wadah. Cara ini terbilang sangat simpel karena Anda hanya perlu menempatkan wadah di bawah sinar matahari langsung untuk melawan bau tak sedap.

Itu dia sederet cara hilangkan bau terasi pada wadah yang bisa Anda tiru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News