Keluarga

Waspadai Gempa di Cianjur & Jember, Ini 8 Cara Menyelamatkan Diri dari Gempa Bumi

Waspadai Gempa di Cianjur & Jember, Ini 8 Cara Menyelamatkan Diri dari Gempa Bumi

MOMSMONEY.ID - Mewaspadai terjadinya gempa bumi di wilayah Anda bisa dilakukan dengan mempelajari apa saja cara-cara menyelamatkan diri dari gempa.

Gempa bumi memang sulit untuk diprediksi. Ini karena gempa biasanya terjadi dalam waktu yang sangat cepat. Seperti dalam waktu yang berdekatan misalnya, terdapat beberapa gempa besar yang melanda wilayah Cianjur, Garut, dan Jember. Gempa-gempa ini menyebabkan berbagai kerusakan hingga korban jiwa.

Agar Anda dapat meminimalisir berbagai kerugian yang diakibatkan dari gempa bumi, MomsMoney telah menghadirkan beberapa cara menyelamatkan diri dari gempa yang telah dirangkum dari laman Ready.US Government dan Earthquake Authority.

Cara-cara menyelamatkan diri dari gempa terbagi menjadi 3 bagian, yakni persiapan, bertahan hidup, dan pasca bencana.

Baca Juga: Gunung Semeru Erupsi, Ini 6 Cara Menyelamatkan Diri dari Letusan Gunung Berapi

Persiapan

Tidak ada yang bisa memprediksi di mana gempa akan terjadi, tetapi Anda & keluarga bisa mempersiapkan diri sebelum gempa besar terjadi berikutnya.

Kiat persiapan gempa berikut ini membutuhkan waktu beberapa jam dari mulai membuat rencana hingga mengatur berbagai persediaan makanan-baju yang akan membuat Anda lebih aman.

Cara 1:  Amankan barang-barang di rumah

Pertama-tama, langkah atau cara menyelamatkan diri dari gempa bumi bisa dengan mempersiapkan segala jenis barang di rumah. Identifikasi segala barang berat yang dapat berpotensi membahayakan, lalu segera pindahkan ke ruang yang lebih dirasa aman.

Hindari berbagai barang berat seperti kulkas, lemari, rak, TV, hingga benda-benda yang digantung di dinding.

Baca Juga: 6 Makanan dan Minuman yang Bantu Kurangi Kram Perut dan Nyeri Saat Menstruasi

Cara 2: Siapkan perlengkapan barang

Cara menyelamatkan diri dari gempa bumi bisa dilakukan dari jauh-jauh hari, termasuk pada persiapan seperti mengemas segala jenis barang.

Buatlah perlengkapan persediaan yang mencangkup makanan & air untuk beberapa hari, pakaian dalam, senter, alat pemadam api, dan peluit untuk berjaga-jaga jika ada keluarga yang tertimbun tumpukan bangunan.

Siapkan juga peralatan medis yang ringan dan mudah dibawa seperti plester dan obat merah (Iodin povidone).

Jangan lupakan untuk mengemas berbagai dokumen penting seperti sertifikat tanah, ijazah, dan aneka dokumen penting lainnya yang dapat memperkuat properti Anda & meminimalisir kesulitan keuangan selama bencana gempa berlangsung.

Kemaslah segala barang ini ke dalam ransel yang mudah dibawa kemanapun.

Baca Juga: 7 Makanan Korea Utara Paling Menarik yang Wajib Dicoba, Sudah Tahu Belum?

Bertahan Hidup

Cara Menyelamatkan Diri dari Gempa: Jalan rusak akibat gempa

Baca Juga: Susah Hamil? Ternyata Ini 5 Jenis Makanan yang Menghambat Kesuburan

Mengetahui berbagai cara menyelamatkan diri dari gempa dapat membawa Anda selamat ketika gempa terjadi. Beberapa cara perlindungan diri saat sedang gempa bisa dilakukan dengan cara-cara berikut ini:

  • Jika Anda berada di mobil, tepikan mobil ke pinggir jalan dan berhenti sejenak. Jangan lupa setel rem parkir Anda.
  • Jika Anda berada di tempat tidur, coba telungkup dan tutupi leher serta kepala dengan bantal
  • Jika Anda berada di luar ruangan, jauhi bangunan & lari ke lapangan yang luas
  • Jika Anda berada di dalam ruangan besar (mall, kantor, dll), tetaplah diam, jangan keluar, dan hindari pintu masuk karena dikhawatirkan akan terinjak saat berdesakan.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Bau Lumpur Pada Ikan Air Tawar

Untuk dapat menyelamatkan diri dari gempa, penting untuk mengetahui situasi yang sedang terjadi agar anda bisa lebih mudah menyelamatkan diri dan menghindari berbagai kemungkinan tertimpa bangunan besar.

Jangan lupa untuk selalu melindungi alat-alat vital tubuh seperti kepala, leher, dan dada dari berbagai keruntuhan saat gempa terjadi.

Jika gempa telah berhenti namun Anda masih terjebak dalam ruangan, segera keluar ruangan untuk mencegah adanya gempa susulan. Tapi lakukan tahap ini dengan tenang dan tak boleh panik.

Baca Juga: Moms, Ikuti 5 Cara Menentukan Tingkat Kematangan Ayam Saat Dimasak

Pasca bencana

Setelah gempa selesai dan aman untuk bergerak, ada beberapa cara menyelamatkan diri dari gempa yang masih perlu dilakukan.

Cara 1: Segera keluar dari bangunan.

Ini untuk menghindari berbagai kemungkinan yang diakibatkan oleh gempa seperti kerusakan bangunan, kebocoran saluran gas & air, hingga kabel listrik yang terputus.

Kemungkinan lainnya yang perlu dihindari adalah adanya gempa susulan yang sewaktu-waktu dapat terjadi kapan saja.

Baca Juga: 6 Tas Chanel Paling Ikonik Sepanjang Masa, Makin Mirip dengan Jennie Blackpink!

Cara 2: Lakukan cara darurat jika terjebak

Jika Anda terjebak, cara menyelamatkan diri dari gempa dan reruntuhan bangunan bisa dilakukan dengan 2 cara; mengirim SMS atau sinyal darurat, meniup peluit, atau membenturkan benda keras ke pipa atau dinding.

Tutupi mulut anda dengan baju agar debu reruntuhan tak masuk ke mulut. Alih-alih berteriak, tiupkan peluit berkali-kali hingga anda dapat dievakuasi. Berteriak hanya akan menghabiskan energi Anda.

Cara 3: Kemungkinan tsunami

Jika Anda berada di daerah gempa yang memungkinkan terjadinya tsunami, cara menyelamatkan diri dari gempa bisa dilakukan dengan segera pergi ke pedalaman atau ke tempat yang lebih tinggi. Lakukan langkah ini sesegera mungkin setelah terjadinya gempa.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Bau Lumpur Pada Ikan Air Tawar

Cara 4: Hindari kontak dengan air banjir

Jika gempa yang ditimbulkan menyebabkan banjir, maka hindari kontak dengan air banjir tersebut. Ini karena air banjir dapat mengandung bahan kimia, limbah, dan berbagai puing bangunan yang berpotensi menyebabkan lupa pada tubuh

Cara 5: Periksa lingkungan sekitar

Periksa diri Anda sendiri apakah ada luka, lalu periksa lingkungan sekitar dan lihat apakah ada orang lain yang terluka & membutuhkan bantuan. Jangan lupa minta bantuan warga sekitar & tim penyelamat jika ad kesulitan.

Itu dia beberapa cara menyelamatkan diri dari gempa. Ada baiknya kita mengetahui berbagai persiapan hingga cara bertahan hidup saat gempa agar ketika gempa terjadi di wilayah Anda, Anda bisa menyelamatkan diri sendiri & orang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News