CLOSE [X]
ads

Tips Untuk Mencegah Bau Apek di Rumah Saat Musim Hujan, Mudah Dilakukan!

Reporter: Kania Paramahita
Senin, 15 November 2021 | 19:01 WIB
Tips Untuk Mencegah Bau Apek di Rumah Saat Musim Hujan, Mudah Dilakukan!

ILUSTRASI. Khawatir rumah bau apek saat musim hujan? Ini dia cara mencegahnya.


MOMSMONEY.ID - Selain hawa dingin, banjir, atap bocor, dan kemunculan hewan-hewan tertentu, salah satu masalah yang kerap muncul di rumah saat musim hujan adalah bau apek karena udara yang lembap.

Jika dibiarkan, bau apek ini tentu dapat mengurangi kenyamanan Anda saat tinggal di rumah. Selain itu, bau apek dan kelembapan yang tinggi di rumah bisa menyebabkan jamur, lumut, dan hal-hal merugikan lainnya.

Sebelum bau apek tersebut muncul, tentu lebih baik berusaha untuk mencegahnya terlebih dahulu. Dilansir dari Beautiful Homes dan The Healthsite, berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah bau apek di rumah. Jangan khawatir, caranya mudah kok!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Mesin Cuci 2 Tabung yang Terjangkau dan Mudah Digunakan

Bersihkan rumah secara menyeluruh

Bau apek yang ada di rumah dapat berasal dari rumah yang berantakan dan kotor, sehingga memicu kelembapan yang menumpuk dan menyebabkan bau. Jadi, salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah bau apek adalah dengan membersihkan rumah secara menyeluruh.

Bersihkan rumah seperti biasa, misalnya dengan menyapu, mengepel, dan mengelap setiap permukaan di rumah Anda. Pastikan tidak ada tempat yang bisa menjadi tempat berkumpulnya kelembapan dan menyebabkan bau tidak sedap.

Pastikan sirkulasi udara di rumah lancar

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kelembapan yang tinggi dapat memicu bau apek, jadi ada baiknya Anda memastikan sirkulasi udara di rumah mengalir dengan lancar.

Anda dapat membuka jendela dan pintu rumah lebar-lebar dan memaksimalkan cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah ketika sedang tidak hujan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan alat penyerap kelembapan atau dehumidifier untuk membantu mengurangi kelembapan udara di rumah.

Segera keringkan barang yang basah karena hujan

Ketika bepergian ke luar rumah saat musim hujan, sudah hampir pasti barang-barang yang Anda kenakan akan basah terkena hujan, mulai dari baju, celana, sepatu, hingga jas hujan dan payung.

Ketika masuk ke rumah, segera singkirkan barang-barang tersebut dan keringkan di tempat terpisah. Selain mencegah rumah makin basah, mengeringkan barang yang basah dengan segera dapat mengurangi risiko bau apek yang muncul akibat lembap.

Baca Juga: Lakukan 8 Cara Ini Untuk Merawat Mesin Cuci Supaya Awet dan Tahan Lama

Kelola pakaian kering dan basah dengan baik

Cara Anda mengelola pakaian dan barang-barang berbahan kain di rumah juga cukup berpengaruh pada bau apek di rumah saat musim hujan. Saat menyimpan pakaian kering, pastikan ada cukup ruang di dalam tempat penyimpanan untuk sirkulasi udara dan pastikan tempat tersebut kering.

Sementara itu, jangan meninggalkan pakaian yang basah dan lembap begitu saja di rumah. Satukan pakaian-pakaian tersebut pada satu keranjang, dan beri tutup jika perlu untuk membantu menutupi bau apek. Jika ada pakaian yang sudah digunakan tapi belum perlu dicuci, gantungkan supaya terkena angin dan tidak lembap.

Gunakan pengharum ruangan atau wewangian

Langkah terakhir, Anda bisa menggunakan pengharum ruangan atau wewangian untuk membantu mencegah bau apek di rumah.

Anda bisa menggunakan pengharum ruangan favorit Anda, mulai dari scented gel atau aromatherapy essential oil. Khusus untuk kain seperti sprei, gorden, selimut, dan pakaian, Anda bisa menggunakan fabric spray atau parfum khusus kain.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah bau apek di rumah saat musim hujan. Bagaimana, tidak sulit bukan? Selamat mencoba!

Selanjutnya: Waspada, 8 Hewan Ini Sering Muncul di Rumah Saat Musim Hujan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru