CLOSE [X]
ads

Waspada, 8 Hewan Ini Sering Muncul di Rumah Saat Musim Hujan

Reporter: Kania Paramahita
Senin, 15 November 2021 | 15:20 WIB
Waspada, 8 Hewan Ini Sering Muncul di Rumah Saat Musim Hujan

ILUSTRASI. Tikus termasuk hewan yang sering muncul di rumah saat musim hujan.


MOMSMONEY.ID - Selain membawa hawa sejuk yang membuat nyaman, musim hujan juga membawa beberapa masalah, seperti kemunculan hewan-hewan tertentu di rumah.

Seringkali, kemunculan hewan-hewan ini bisa mengganggu kenyamanan Anda di rumah, bahkan mengancam kesehatan jika Anda tidak berhati-hati dalam menangani mereka. Jadi, saat musim hujan tiba, Anda perlu waspada dengan kemunculan hewan-hewan ini.

Dilansir dari Sandoff, Animal Scene, dan Wellcome Evolution, berikut beberapa hewan yang sering muncul di rumah saat musim hujan tiba.

Baca Juga: 7 Masalah Umum di Rumah Saat Musim Hujan, Yuk Waspadai

Kodok

Saat musim hujan, mungkin Anda kerap mendengar suara kodok di luar rumah. Wajar, sebab suasana hujan yang dingin, sejuk, dan basah sangat disukai kodok sehingga mereka bisa keluar dari persembunyiannya. Biasanya, musim hujan dimanfaatkan kodok untuk berkembang biak.

Ular

Kemunculan kodok biasanya memicu munculnya ular sebagai predatornya. Selain itu, tempat tinggal ular yang terendam air juga dapat menyebabkan kemunculan ular di lingkungan pemukiman. Untuk mencegah kemunculan ular yang dapat membahayakan keselamatan Anda, tutup celah-celah yang mungkin dapat dimanfaatkan ular untuk masuk ke rumah.

Siput

Hewan tak bertulang belakang yang satu ini kerap muncul di pekarangan rumah setelah hujan. Biasanya, siput kerap ditemukan sedang menempel di tembok atau memakan tanaman di pekarangan. Hewan yang satu ini memang tidak berbahaya, tapi bisa saja menjadi hama yang merugikan tanaman-tanaman Anda di rumah.

Kecoa

Hampir sama seperti ular, kemunculan kecoa di rumah saat musim hujan biasanya disebabkan oleh air hujan yang membanjiri tempat tinggal mereka. Jadi, kecoa tersebut datang ke rumah untuk mencari kehangatan dan makanan. Untuk mencegah kemunculan kecoa, bersihkan rumah secara menyeluruh dan tutup celah-celah kecil di rumah.

Baca Juga: Hati-Hati, 5 Tempat Ini Bisa Jadi Sarang Nyamuk di Rumah

Kelabang

Saat musim hujan, mungkin Anda akan menemukan keberadaan kelabang di rumah. Tidak heran, sebab kelabang memang menyukai lingkungan yang lembap dan basah. Hati-hati saat menemukan hewan yang satu ini, sebab gigitannya beracun dan dapat membahayakan kesehatan Anda.

Tikus

Tikus biasanya muncul di rumah saat musim hujan karena mencari perlindungan dan tempat yang kering dan hangat. Selain itu, keberadaan makanan atau sampah yang tercecer juga bisa menarik kedatangan tikus di rumah. Hati-hati dengan keberadaan tikus, sebab mereka dapat furnitur dan kabel di rumah Anda.

Nyamuk

Musim hujan menyebabkan banyak genangan air yang disukai nyamuk untuk berkembang biak, sehingga populasi nyamuk bertambah banyak. Jika tidak ditangani, keberadaan nyamuk dapat merugikan Anda karena menyebabkan beragam penyakit, mulai dari gatal-gatal hingga DBD.

Laron

Saat musim hujan, tempat tinggal laron dibanjiri air sehingga mereka keluar untuk mencari kehangatan. Biasanya, hewan ini berkumpul dan mengerubungi lampu yang terang. Walaupun tidak berbahaya, kehadirannya dapat mengganggu kenyamanan Anda dan mengotori rumah sehingga tetap merugikan.

Itulah beberapa hewan yang kerap muncul saat musim hujan. Ingat, selalu waspada dan hati-hati saat mencegah dan menangani kemunculan mereka, ya!

Selanjutnya: Lakukan 8 Cara Ini Untuk Merawat Mesin Cuci Supaya Awet dan Tahan Lama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru