HOME, Keluarga

Lakukan 8 Cara Ini Untuk Merawat Mesin Cuci Supaya Awet dan Tahan Lama

Lakukan 8 Cara Ini Untuk Merawat Mesin Cuci Supaya Awet dan Tahan Lama

MOMSMONEY.ID - Mesin cuci merupakan salah satu alat elektronik yang sangat membantu pekerjaan rumah tangga sehari-hari.

Tinggal masukkan pakaian kotor dan sabun ke dalam mesin cuci, lalu Anda bisa bersantai atau mengerjakan pekerjaan lainnya sementara mesin cuci akan membantu mencucikan pakaian hingga bersih.

Nah, supaya mesin cuci yang Anda gunakan di rumah tetap awet dan bisa terus membantu urusan cucian kotor Anda selama bertahun-tahun, tentu mesin cuci tersebut harus dirawat dan digunakan dengan baik.

Kira-kira, bagaimana caranya merawat mesin cuci supaya awet dan tahan lama? Dilansir dari Sharp Indonesia dan Urban Company, berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

Baca Juga: 7 Masalah Umum di Rumah Saat Musim Hujan, Yuk Waspadai

Gunakan mesin cuci sesuai kapasitasnya

Setiap mesin cuci sudah didesain untuk menampung kapasitas tertentu, jadi jangan memaksakan diri untuk memasukkan pakaian kotor hingga melebihi kapasitasnya. Mesin cuci yang diisi terlalu penuh dapat menyebabkan kotoran pada pakaian tidak terbilas dengan baik, sehingga proses pencucian tidak optimal dan menurunkan kinerja mesin cuci.

Gunakan deterjen secukupnya

Mungkin Anda berpikir bahwa deterjen yang lebih banyak akan membuat pakaian lebih bersih. Padahal, deterjen yang terlalu banyak dapat merusak kualitas pakaian dan meninggalkan residu pada pakaian dan mesin cuci. Akibatnya, mesin cuci tidak bisa bekerja secara optimal.

Bersihkan filter secara rutin

Filter pada mesin cuci berfungsi untuk menampung kotoran dari pakaian. Jadi, membersihkan filter secara rutin dapat membantu mengurangi risiko kotoran yang menumpuk di dalam mesin cuci, sehingga mesin cuci bisa tetap awet dan menjaga pakaian tetap bersih saat dicuci.

Jangan meninggalkan pakaian di dalam mesin cuci

Adakalanya Anda menunda mengeluarkan pakaian yang sudah selesai dicuci di dalam mesin cuci. Jika hal ini dilakukan terus-menerus, kelembapan pada pakaian dapat menimbulkan bau apek dan jamur di dalam mesin cuci. Bahkan, bukan tidak mungkin Anda terpaksa mengulangi proses pencucian, sehingga akan boros air dan deterjen.

Baca Juga: 6 Tips Untuk Menghindari Pakaian Bau Apek Saat Musim Hujan, Tidak Sulit!

Bersihkan dan keringkan mesin cuci setelah mencuci

Setelah selesai mencuci, jangan langsung menutup pintu mesin cuci. Biarkan mesin cuci tetap terbuka selama 15 hingga 30 menit supaya bagian dalam mesin cuci kering sempurna dan tidak lembap, sehingga mencegah perkembangan bakteri dan jamur. Sebagai tambahan, Anda bisa mengelap bagian dalam mesin cuci dengan kain kering untuk mempercepat proses pengeringan.

Jangan gunakan pengaturan yang sama untuk semua jenis cucian

Biasanya, mesin cuci sudah memiliki beberapa pengaturan untuk mencuci jenis-jenis pakaian tertentu. Hindari menggunakan pengaturan yang sama untuk semua jenis cucian, karena hal ini dapat menghambat proses pencucian secara optimal. Lebih baik, pisahkan cucian menurut jenis kainnya dan cuci dengan pengaturan yang sesuai.

Tempatkan di permukaan datar

Menempatkan mesin cuci di atas permukaan yang datar dapat membantu mengurangi guncangan dan suara berisik saat mencuci pakaian, sehingga dapat menjaga kualitas mesin cuci dan membuatnya tetap awet.

Cabut kabelnya saat tidak digunakan

Saat tidak sedang menggunakan mesin cuci, ada baiknya Anda memutus aliran listrik atau mencabut kabel mesin cuci dari stopkontak. Hal ini dapat mencegah aliran listrik mengalir ke mesin cuci secara terus-menerus dan mengurangi risiko korsleting listrik.

Nah, itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk merawat mesin cuci supaya awet. Bagaimana, tidak sulit, kan? Selamat mempraktikkan!

Selanjutnya: Kesalahan Saat Mencuci Baju yang Harus Dihindari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News