CLOSE [X]
ads

7 Masalah Umum di Rumah Saat Musim Hujan, Yuk Waspadai

Reporter: Kania Paramahita
Kamis, 11 November 2021 | 12:26 WIB
7 Masalah Umum di Rumah Saat Musim Hujan, Yuk Waspadai

ILUSTRASI. Berikut masalah-masalah yang kerap terjadi di rumah saat musim hujan.


MOMSMONEY.ID - Musim hujan telah tiba! Musim yang satu ini memang kerap dianggap sebagai berkah karena mendatangkan air hujan yang berlimpah dan udara sejuk yang membuat nyaman.

Namun, di sisi lain, musim hujan bisa mendatangkan beragam masalah yang merepotkan, mulai dari banjir, genangan, hingga udara yang lembap dan apek. Akibatnya, penghuni rumah harus siap memutar otak untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

Nah, kira-kira masalah apa saja yang kerap terjadi di rumah saat musim hujan? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: 4 Inspirasi Kamar Tidur dengan Dekorasi Rustic yang Instagrammable

Atap bocor

Dilansir dari SCB Thailand, atap bocor merupakan salah satu masalah utama yang kerap muncul saat musim hujan. Tak jarang, air yang merembes pada atap juga bisa menyebar ke tembok atau lantai, sehingga membuat seisi rumah basah, lembap, dan rentan terkena jamur atau lumut.

Atap yang bocor ini seringkali disebabkan oleh sambungan atap yang kurang rapat, bahan atau material atap yang kurang berkualitas, pemasangan atap dan genteng yang kurang tepat, bahkan bentuk atap yang tidak didesain dengan benar. Solusinya, pilihlah material atap yang berkualitas dan gunakan jasa profesional untuk memeriksa dan membetulkan atap jika diperlukan.

Pipa yang tersumbat atau terlalu penuh

Hujan deras kerap membuat aliran air pada pipa pembuangan menjadi meningkat. Jika hal ini terjadi terus-menerus, tekanan air yang berlebihan dapat menyebabkan overflow atau kebocoran pada pipa. Untuk mengatasi aliran air tersebut, pastikan arah pembuangannya mengarah pada tempat yang tepat, misalnya selokan di luar rumah.

Di sisi lain, sampah seperti daun kering atau kotoran juga bisa rontok dan masuk ke dalam pipa saat hujan. Jika daun kering dan kotoran tersebut menumpuk, pipa air bisa tersumbat dan menyebabkan aliran air tidak lancar. Periksa pipa pembuangan secara rutin untuk memastikan bagian dalamnya tidak tersumbat.

Munculnya genangan air

Saat hujan, genangan air kerap muncul di tempat-tempat tertentu, misalnya ember, pot, bahkan di lantai. Jika dibiarkan, genangan air ini bisa menjadi sarang nyamuk dan menyebabkan beragam penyakit yang merugikan manusia.

Solusinya, tutup tempat-tempat yang kemungkinan dapat menampung air saat hujan, dan singkirkan air hujan dari lantai dengan menggunakan squeege atau sikat karet.

Pohon tumbang

Pohon tumbang adalah masalah yang kerap diberitakan saat musim hujan, karena dapat merusak lingkungan sekitarnya, mulai dari rumah, mobil, atau tiang listrik. Bahkan, tidak jarang pohon tumbang ini menimpa manusia dan menyebabkan cedera serius.

Untuk mencegah pohon yang tumbang, tebang batang pohon atau dahan yang sudah rimbun dan berada di dekat rumah. Hindarkan rumah Anda dari bagian batang atau dahan pohon yang tumbuh terlalu besar dan tinggi.

Baca Juga: Ramping dan Efisien, Berikut Rekomendasi Mesin Cuci 1 Tabung Terbaik

Editor: Kania Paramahita

Terbaru