Tips Mendekorasi Rooftop yang Estetik Sekaligus Nyaman

Reporter: Kania Paramahita
Selasa, 23 November 2021 | 15:30 WIB
Tips Mendekorasi Rooftop yang Estetik Sekaligus Nyaman

ILUSTRASI. Rooftop bisa dimanfaatkan sebagai ruang terbuka di tengah pemukiman perkotaan.

MOMSMONEY.ID - Bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan, memiliki ruang terbuka di rumah kadang merupakan kemewahan. Jadi, beberapa orang memanfaatkan rooftop atau bidang terbuka di bagian atap sebagai ruang terbuka di rumah.

Walaupun terlihat biasa-biasa saja, rooftop bisa disulap menjadi area yang estetik dan nyaman bagi penghuni rumah. Tentu saja, supaya terlihat estetik dan nyaman, rooftop perlu didekorasi dengan cermat.

Nah, kira-kira bagaimana caranya mendekorasi rooftop supaya nyaman digunakan sebagai area terbuka di rumah? Dilansir dari Decortips.com dan Decoist, berikut tipsnya.

Baca Juga: Punya Dinding Kosong di Rumah? Berikut Ide untuk Mendekorasinya

Rencanakan penggunaan rooftop

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah merencanakan penggunaan rooftop. Dengan mengetahui penggunaan rooftop, Anda dapat mengatur area tersebut dengan lebih mudah.

Umumnya, rooftop dimanfaatkan sebagai area makan, taman, atau sekadar untuk bersantai. Jika Anda punya rooftop yang cukup luas, tidak ada salahnya menggunakan rooftop untuk berkebun, makan, dan bersantai sekaligus. Pastikan Anda mengatur areanya dengan baik supaya tidak berantakan dan mudah dirapikan.

Maksimalkan pemandangan

Salah satu daya tarik rooftop adalah pemandangannya yang keren, terutama bila Anda tinggal di daerah yang cukup tinggi. Jadi, jangan sampai pemandangan ini terhalang oleh benda-benda yang ada di rooftop.

Misalnya, Anda bisa memasang pengaman berupa kaca tebal di sekeliling rooftop. Lalu, jangan gunakan terlalu banyak furnitur atau pernak-pernik di atas rooftop. Selain terlihat simpel dan minimalis, Anda pun bisa bebas menikmati pemandangan.

Sesuaikan dengan bagian dalam rumah

Saat mengatur dan mendekorasi rooftop, pastikan Anda menyesuaikan penempatan area di rooftop dengan keadaan di dalam rumah. Perhatikan juga apakah bagian dalam rumah akan terganggu dengan aktivitas-aktivitas tertentu di rooftop.

Misalnya, jika akses ke rooftop dekat dengan kamar tidur, jangan tempatkan area makan di dekatnya supaya bau makanan tidak masuk ke rumah dan mengganggu penghuni kamar. Namun, jika akses ke rooftop dekat dapur, penempatan area makan di dekatnya akan memudahkan Anda untuk membereskan piring kotor.

Baca Juga: 4 Inspirasi Rumah Bergaya French Country yang Klasik dan Chic

Gunakan furnitur yang tepat

Karena terletak di luar ruangan, Anda perlu memilih furnitur dengan desain dan material yang tepat untuk diletakkan di atas rooftop.

Selain harus terlihat serasi atau harmonis dengan interior rumah, furnitur yang digunakan juga sebaiknya tahan terhadap gangguan luar seperti suhu, hujan, dan kelembapan. Jika Anda punya rooftop yang kecil, coba pertimbangkan untuk menggunakan furnitur lipat yang mudah disimpan sehingga rooftop tidak terlalu penuh.

Tambahkan aksesoris lain

Terakhir, Anda bisa menambahkan dekorasi atau aksesoris lain sesuai keinginan untuk mempercantik penampilan rooftop.

Misalnya, gunakan payung atau kanopi untuk melindungi Anda dari sinar matahari dan hawa panas. Atau, tambahkan string light dan karpet untuk membuat rooftop makin estetik.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendekorasi rooftop. Bagaimana, siap mengubah rooftop Anda menjadi tempat yang nyaman?

Selanjutnya: Harga saham BBRI & BBCA beda arah di akhir perdagangan bursa Selasa (23/11)

Editor: Kania Paramahita
Terbaru