HOME, Keluarga

Tips Menata Ruang Makan ala Feng Shui, Makan Bersama Makin Menyenangkan

Tips Menata Ruang Makan ala Feng Shui, Makan Bersama Makin Menyenangkan

MOMSMONEY.ID - Setiap orang tentunya mendambakan interior rumah yang ditata rapi, termasuk bagian ruang makan.

Penataan ruang makan cukup vital dalam mempengaruhi suasana saat makan di rumah. Ruang makan yang ditata dengan baik akan membantu memberikan energi positif dan meningkatkan selera makan penghuninya.

Nah, untuk menghadirkan energi positif tersebut, Anda bisa menggunakan panduan feng shui. Dikutip dari National Geographic, ilmu feng shui berfokus pada penataan ruangan yang bertujuan untuk mendapatkan berbagai hal positif, mulai dari keberuntungan hingga kedamaian.

Baca Juga: 4 Tips Dekorasi Rumah di Tahun Macan Air, Bawa Hoki di Tahun Baru!

Bagaimana cara menata ruang makan menurut feng shui? Berikut penjelasannya.

Gunakan meja makan berbentuk bundar

Dilansir dari Homedit, penggunaan meja makan berbentuk bundar akan memberikan kesan bahwa setiap orang setara di atas meja, sehingga diharapkan orang-orang yang makan akan bersosialisasi dengan mudah.

Anda bisa menggunakan meja berbentuk lingkaran maupun oval. Hindari penggunaan meja dengan sudut-sudut yang tajam, karena dipercaya dapat menembakkan energi negatif ke dalam ruang makan.

Hindari meja makan berbahan kaca

Selain menghindari meja dengan sudut tajam, Anda juga perlu menghindari penggunaan meja makan dengan permukaan berbahan kaca.

Mengapa? Sebab, hal ini dianggap dapat menarik energi negatif yang tidak diinginkan. Sebaiknya, gunakan meja makan dengan bahan kayu solid untuk menambah elemen kayu di dalam ruang makan.

Baca Juga: 5 Tips Menggunakan Elemen Metalik untuk Dekor Rumah yang Mewah

Atur pencahayaan dengan baik

Mengutip Nourish Books, pencahayaan di dalam ruang makan sebaiknya bersifat lembut dan menenangkan. Gunakan lampu berwarna hangat yang bisa diatur terang-gelapnya, dan tambahkan skylight di atap untuk memaksimalkan pencahayaan di siang hari.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan cermin untuk membantu menyebarkan cahaya di ruang makan dengan baik. Ruang makan pun akan terasa lebih luas.

Baca Juga: Yuk, Kenali Beragam Jenis Sofa untuk Interior Rumah Anda!

Tambahkan dekorasi dan warna yang menggugah selera

Melansir Decoist, penggunaan warna-warna dan dekorasi bertema makanan di ruang makan bisa membantu meningkatkan nafsu makan.

Gunakan warna-warna yang cerah dan hangat seperti merah, oranye, atau kuning, lalu kombinasikan dengan warna netral seperti putih, coklat, atau abu-abu. Pilihlah variasi dan kombinasi warna yang terlihat hangat, tapi tetap nyaman dipandang mata.

Tambahkan elemen-elemen natural

Terakhir, Anda bisa menambahkan elemen-elemen natural seperti kolam ikan, akuarium, hingga tanaman hias untuk melengkapi keberadaan meja kayu di ruang makan.

Elemen air yang mengalir melambangkan keberuntungan, kesehatan, dan energi yang baik. Jika tidak memungkinkan untuk menggunakan elemen air, Anda bisa menggunakan lukisan bertema air atau hiasan seperti kerang laut.

Itulah beberapa cara untuk menata ruang makan sesuai feng shui yang dapat menghadirkan energi positif, sehingga makan di rumah akan makin menyenangkan.

Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News