HOME, Keluarga

Yuk, Kenali Beragam Jenis Sofa untuk Interior Rumah Anda!

Yuk, Kenali Beragam Jenis Sofa untuk Interior Rumah Anda!

MOMSMONEY.ID - Salah satu furnitur yang umum ditemui di interior rumah adalah sofa.

Biasanya, Anda akan menjumpai keberadaan furnitur yang satu ini di ruang tamu atau ruang keluarga. Fungsinya pun cukup mendasar, yaitu sebagai tempat duduk bagi penghuni rumah maupun orang yang bertamu.

Walaupun punya fungsi yang sederhana, memilih sofa yang tepat untuk rumah Anda ternyata tidak sesederhana itu. Pasalnya, ada beragam jenis sofa yang tersedia di pasaran dengan bentuk dan peruntukan yang berbeda-beda.

Baca Juga: Tips Menata Ruang Keluarga ala Feng Shui yang Hadirkan Aura Positif

Nah, supaya Anda tidak bingung saat memilih sofa untuk interior rumah, yuk kenali dulu jenis-jenisnya!

Sectional Sofa

Dilansir dari livingcozy.com, sectional sofa adalah jenis sofa yang terdiri dari minimal dua bagian yang disatukan sehingga membentuk huruf L atau U. Jadi, sofa jenis ini kadang juga disebut sebagai sofa L.

Sectional sofa biasanya digunakan pada ruangan yang bersifat terbuka atau menggunakan konsep open floor plan, karena sofa ini dapat berfungsi ganda sebagai pemisah antar area di rumah. Karena terdiri dari beberapa bagian, susunan sofa ini bisa diatur sesuai keinginan Anda.

Armchair

Selanjutnya, ada jenis sofa armchair yang diperuntukkan untuk satu orang. Mengutip Archify, sofa jenis ini kadang juga disebut sebagai sofa single seater.

Biasanya, sofa jenis ini berukuran kecil dengan sandaran tangan di kedua sisinya. Sofa armchair umumnya ditempatkan pada ruangan yang bersifat privat, seperti kamar, ruang baca, hingga ruang keluarga.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Jasa Bersih-Bersih Kasur, Tidur Makin Nyenyak dan Nyaman!

Loveseat

Loveseat merupakan jenis sofa yang terdiri dari dua tempat duduk, sehingga kerap disebut sebagai sofa two-seater.

Karena ukurannya yang cenderung kecil dibandingkan sofa biasa, loveseat bisa menjadi pilihan tepat untuk ruangan kecil atau pasangan yang tidak membutuhkan furnitur berukuran besar. Namun, jika Anda butuh area duduk yang lebih besar, mungkin Anda perlu sofa yang lebih panjang.

Baca Juga: Simak, Ini Tips Menata Kamar Tidur ala Feng Shui yang Bisa Bawa Hoki

Sofa Bed

Seperti namanya, sofa bed adalah jenis sofa yang dapat berfungsi ganda sebagai tempat tidur.

Oleh karena itu, sofa bed cocok digunakan bagi Anda yang membutuhkan tempat tidur tambahan jika sewaktu-waktu ada kerabat atau teman yang datang menginap. Tak perlu beli kasur tambahan, cukup rebahkan bagian sandaran sofa untuk mengubahnya menjadi tempat tidur.

Recliner

Terakhir, ada jenis sofa recliner, yaitu sofa yang sandaran punggungnya bisa dimiringkan ke belakang dan memiliki sandaran kaki yang bisa diatur sesuai keinginan.

Jika Anda suka bersantai sambil menonton televisi di ruang keluarga dalam waktu yang lama, recliner bisa menjadi pilihan sofa yang tepat karena memiliki sandaran yang bisa diatur. Jadi, momen bersantai Anda akan lebih nyaman dan tidak perlu sering-sering berpindah posisi duduk.

Itulah beberapa jenis sofa untuk interior rumah yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News