HOME, Keluarga

5 Tips Menggunakan Elemen Metalik untuk Dekor Rumah yang Mewah

5 Tips Menggunakan Elemen Metalik untuk Dekor Rumah yang Mewah

MOMSMONEY.ID - Bagi beberapa orang, memiliki rumah yang terlihat mewah bisa mendatangkan prestise dan kebanggaan tersendiri.

Untuk mewujudkan interior rumah yang terlihat mewah, umumnya dekorasi dengan unsur metalik seperti emas dan perak banyak digunakan.

Penggunaannya pun beragam, mulai dari pernak-pernik dekorasi, tirai jendela, bahkan furnitur rumah.

Walaupun terlihat elegan, penggunaan elemen metalik seperti ini perlu diperhatikan supaya interior rumah tidak terlihat berlebihan dan norak, sehingga tetap enak dipandang.

Baca Juga: Bikin Meriah, Ini 4 Tips Menggunakan Warna Merah dan Emas untuk Dekorasi Imlek

Ingin tahu bagaimana cara yang tepat untuk menggunakan elemen metalik pada dekorasi rumah? Simak penjelasannya berikut ini.

Kombinasikan warna metalik hangat dan dingin

Dilansir dari Invaluable, pada dasarnya warna metalik terbagi menjadi 3 jenis, yaitu warna hangat, dingin, dan netral.

Supaya elemen metalik pada dekorasi rumah terlihat mencolok, kombinasikan warna metalik yang hangat dan dingin sekaligus.

Misalnya, jika interior rumah Anda sudah didominasi elemen metalik dingin seperti perak dan stainless steel, tambahkan sentuhan elemen metalik yang hangat seperti emas, perunggu, dan kuningan.

Gunakan elemen metalik sebagai aksen

Jika Anda tidak ingin menggunakan elemen metalik pada seluruh interior rumah, cukup gunakan sebagai aksen atau sentuhan kecil pada rumah Anda.

Misalnya, gunakan patung kecil atau hiasan dinding berwarna emas dan perak dan letakkan di sudut-sudut tertentu di rumah.

Walaupun hanya digunakan dalam jumlah kecil, elemen metalik akan terlihat menonjol dan membuat interior rumah tampak elegan.

Baca Juga: Dipercaya Bawa Hoki, Ini 7 Dekorasi yang Wajib Ada Saat Imlek

Sebar elemen metalik ke seluruh interior rumah

Selain digunakan sebagai aksen, salah satu cara yang bisa dilakukan supaya elemen metalik tidak terlihat berlebihan adalah dengan menyebarkannya ke seluruh interior rumah.

Hal ini akan membuat elemen metalik terlihat lebih merata, apalagi jika Anda menggunakan beberapa barang kecil sekaligus.

Letakkan elemen metalik di beberapa titik tertentu, dan hindari meletakkannya di satu tempat.

Baca Juga: Tips Menata Ruang Keluarga ala Feng Shui yang Hadirkan Aura Positif

Sesuaikan warna metal dengan tema interior rumah

Supaya dekorasi rumah Anda tetap nyaman dipandang, sesuaikan warna elemen metalik yang Anda gunakan dengan tema interior rumah.

Misalnya, jika Anda menginginkan interior rumah yang terlihat hangat, gunakan warna-warna metalik yang hangat seperti emas dan tembaga. Sebaliknya, jika ingin terlihat sejuk, gunakan warna-warna seperti perak atau stainless steel.

Tambahkan cermin sebagai pelengkap

Dikutip dari Living Spaces, keberadaan cermin bisa membantu melengkapi elemen metalik pada dekor rumah karena sifatnya yang sama-sama reflektif.

Jika digunakan dengan benar, kombinasi cermin dan elemen metalik bisa membuat interior rumah tampak estetik dan glamor.

Jika Anda khawatir dekorasi rumah akan terlihat berlebihan, coba pertimbangkan untuk menggunakan elemen metalik dengan permukaan yang terlihat halus dan mengkilap, tapi tidak memiliki pantulan bayangan yang seintens cermin.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menggunakan elemen metalik sebagai dekorasi rumah mewah. Selamat mencoba, dan semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News