HOME, Keluarga

Bikin Meriah, Ini 4 Tips Menggunakan Warna Merah dan Emas untuk Dekorasi Imlek

Bikin Meriah, Ini 4 Tips Menggunakan Warna Merah dan Emas untuk Dekorasi Imlek

MOMSMONEY.ID - Ketika membicarakan dekorasi Imlek, warna merah dan emas pasti menjadi dua warna pertama yang muncul di pikiran Anda.

Kedua warna tersebut memang memiliki makna khusus dalam kebudayaan China atau Tiongkok. Dilansir dari Sartle, warna merah melambangkan elemen api, kebahagiaan, dan keberuntungan yang identik dengan perayaan. Sementara itu, emas melambangkan kemakmuran dan kekayaan.

Jadi, jika digunakan bersama, warna merah dan emas melambangkan harapan akan keberuntungan dan kemakmuran untuk semua orang saat perayaan tahun baru Imlek.

Baca Juga: Dipercaya Bawa Hoki, Ini 7 Dekorasi yang Wajib Ada Saat Imlek

Nah, untuk menyambut Imlek yang akan datang sebentar lagi, tidak ada salahnya Anda mendekorasi rumah dengan warna merah dan emas supaya suasana perayaan akan makin terasa. Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

Imbangi dengan warna netral

Karena sama-sama memberikan kesan hangat, penggunaan warna merah dan emas yang berlebihan bisa memberi kesan panas yang terlalu intens di dalam ruangan.

Oleh karena itu, coba kombinasikan warna merah dan emas dengan warna lain. Dikutip dari Houzz, Anda bisa mengimbangi intensitas warna merah dan emas dengan warna-warna yang terkesan netral, misalnya warna hitam, putih, dan abu-abu.

Gunakan warna merah dan emas yang kalem

Jika Anda menginginkan suasana rumah yang nyaman dan hangat saat Imlek, coba gunakan perpaduan warna merah dan emas yang lebih kalem, misalnya warna merah gelap dan warna emas yang tidak terlalu mencolok.

Untuk mengimbanginya, tambahkan warna netral yang sama-sama hangat, misalnya warna krem atau putih gading. Jadi, interior rumah Anda tidak akan terlihat norak.

Baca Juga: Tips Menata Ruang Keluarga ala Feng Shui yang Hadirkan Aura Positif

Gunakan sebagai warna aksen

Jika Anda ingin menambahkan sentuhan Imlek tapi tak ingin terlihat berlebihan, cukup gunakan warna merah dan emas sebagai warna aksen pada interior rumah.

Mengutip Inexpat Singapore, kedua warna tersebut sangat cocok digunakan sebagai aksen karena akan langsung menarik perhatian, terutama jika interior rumah Anda didominasi warna-warna netral. Tambahkan juga sedikit warna oranye sebagai variasi.

Baca Juga: 4 Tips Membersihkan Rumah Menjelang Tahun Baru Imlek

Bermain dengan pernak-pernik

Untuk kesan interior rumah yang lebih modern saat Imlek, coba ganti pernak-pernik tradisional Imlek dengan dekorasi rumah yang lebih fungsional, misalnya vas bunga, bantal sofa, atau hiasan dinding berwarna merah dan emas.

Jadi, tak hanya mempercantik rumah saat Imlek, penggunaan pernak-pernik berwarna merah dan emas tersebut bisa digunakan lagi jika Imlek sudah selesai. Hal ini tentu menguntungkan bagi Anda yang tidak ingin repot membereskan dekorasi saat perayaan Imlek berakhir.

Itulah tips menggunakan kombinasi warna merah dan emas untuk dekorasi Imlek. Selamat mendekorasi rumah!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News