HOME, Keluarga

4 Tips Membersihkan Rumah Menjelang Tahun Baru Imlek

4 Tips Membersihkan Rumah Menjelang Tahun Baru Imlek

MOMSMONEY.ID - Salah satu hal yang biasanya wajib dilakukan menjelang perayaan hari besar seperti Imlek adalah membersihkan rumah.

Hal ini wajar, sebab membersihkan rumah dengan menyeluruh akan membantu memberikan suasana berbeda di rumah, sehingga kesan festive khas hari raya akan semakin terasa.

Nah, untuk menyambut Tahun Baru Imlek, apakah Anda sudah mulai menyiapkan diri dengan membersihkan rumah? Jika belum, berikut ada beberapa tips yang dapat membantu Anda membersihkan rumah dengan efektif menjelang Imlek.

Baca Juga: Bikin Rumah Rapi, Ini 4 Alasan Anda Harus Punya Gudang di Rumah

Rapikan barang-barang yang berceceran

Dikutip dari Four Star Singapore, langkah pertama yang perlu Anda lakukan saat membersihkan rumah adalah decluttering atau merapikan barang-barang yang berceceran di seluruh penjuru rumah.

Mengapa? Sebab, dengan melakukan hal tersebut, rumah akan terlihat sedikit lebih rapi sehingga proses bersih-bersih rumah nantinya akan terasa lebih ringan. Selain itu, Anda juga akan mengurangi risiko tersandung atau terjatuh akibat barang yang berserakan di lantai.

Bersihkan bagian luar rumah

Selain membersihkan bagian dalam atau interior rumah, bagian luar atau eksterior rumah tentu tidak boleh ketinggalan supaya rumah ekstra bersih saat Imlek.

Ketika membicarakan bagian luar rumah, jangan hanya membersihkan teras rumah saja. Melansir Apartment Therapy, Anda bisa turut membersihkan bagian luar rumah yang biasanya jarang tersentuh, seperti garasi, gudang, taman, bahkan kendaraan seperti mobil dan motor.

Baca Juga: 4 Tips Bikin Foto Interior Rumah yang Estetis, Feed Instagram Makin Cantik!

Beri disinfektan pada permukaan di rumah

Karena dunia masih dilanda pandemi, tidak ada salahnya untuk memberi disinfektan pada berbagai permukaan di rumah sebagai langkah perlindungan ekstra. Berilah disinfektan pada permukaan keras, misalnya lantai, meja, pintu, atau jendela.

Namun, Anda harus tetap berhati-hati saat memberi disinfektan di rumah. Menurut CNA Lifestyle, sebaiknya gunakan disinfektan yang memiliki kandungan aman dan gunakan pelindung diri seperti masker dan sarung tangan supaya terhindar dari bahan kimia yang mungkin terhirup.

Baca Juga: Tren Desain dan Dekorasi Dapur di Tahun 2022, Wajib Tahu!

Prioritaskan ruangan yang digunakan bersama

Momen perayaan seperti Imlek biasanya identik dengan kegiatan kumpul keluarga dan menerima tamu. Oleh karena itu, lebih baik prioritaskan untuk membersihkan ruangan yang akan digunakan bersama, misalnya ruang keluarga atau ruang tamu.

Bersihkan ruangan-ruangan tersebut seperti biasa menggunakan kemoceng, sapu, dan vacuum cleaner, lalu selesaikan dengan pel dan disinfektan jika diperlukan.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan rumah menjelang Tahun Baru Imlek. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News