HOME, Keluarga

Tips Memilih Warna Cat yang Sesuai untuk Rumah Anda, Yuk Simak!

Tips Memilih Warna Cat yang Sesuai untuk Rumah Anda, Yuk Simak!

MOMSMONEY.ID - Warna cat dinding memegang peranan penting dalam menentukan suasana interior rumah. Hanya dengan menggunakan warna cat tertentu, suasana rumah yang dihasilkan bisa berbeda jauh.

Jadi, memilih warna cat rumah yang sesuai merupakan hal penting yang perlu diperhatikan pemilik rumah, baik saat akan mengecat rumah baru maupun saat mengecat ulang interior rumah.

Masalahnya, bagaimana caranya memilih warna cat rumah yang tepat dan sesuai? Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan?

Nah, jika Anda bingung memilih warna cat yang tepat untuk rumah, yuk simak artikel ini. Dilansir dari thisoldhouse.com dan hgtv.com, berikut tips dan trik untuk memilih warna cat yang sesuai untuk rumah Anda.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Warna Cat Kamar yang Menenangkan, Tidur Makin Rileks!

Tentukan palet warna

Langkah pertama dalam memilih warna cat adalah dengan menentukan palet warna yang ingin digunakan. Anda dapat memilih warna cat dinding yang melengkapi furnitur dan dekorasi di dalam ruangan.

Untuk permulaan, pilihlah 3 warna dari benda-benda yang ada di rumah, misalnya bantal sofa, tirai, atau dekorasi lainnya. Dari ketiga warna tersebut, pilihlah satu warna sebagai warna utama. Jika dirasa tidak ada warna yang cocok, Anda bisa mencoba variasi warna yang lebih gelap atau terang.

Cocokkan warna dengan suasana ruangan

Trik lain yang bisa Anda gunakan untuk menentukan warna cat adalah dengan melihat fungsi ruangan tersebut. Dengan mengetahui fungsi ruangan, Anda dapat mengetahui suasana yang ingin ditampilkan sehingga warna cat pun bisa ditentukan dengan mudah.

Misalnya, Anda dapat menggunakan warna-warna hangat seperti kuning dan oranye untuk ruangan yang digunakan bersama, seperti ruang keluarga, dapur, atau ruang makan. Sebaliknya, gunakan warna-warna sejuk seperti biru dan hijau untuk ruangan yang lebih personal seperti kamar tidur.

Bermain dengan warna netral

Warna cat yang netral memang merupakan pilihan yang aman karena cocok dengan gaya interior rumah apa saja. Namun, bukan berarti warna netral harus terlihat datar dan membosankan.

Anda bisa bermain-main dengan warna netral supaya tetap terlihat menarik ketika diaplikasikan pada interior rumah. Misalnya, Anda dapat menggunakan pola garis-garis pada satu sisi dinding dengan warna cat gelap dan terang untuk menciptakan dinding aksen yang menarik di dalam ruangan.

Baca Juga: Netral dan Hangat, Berikut Inspirasi Kamar Tidur Warna Cream

Tentukan hasil akhir cat

Cat dinding yang tersedia di pasaran memiliki hasil akhir atau finishing yang berbeda, mulai dari matte, eggshell, satin, hingga glossy. Hasil akhir ini biasanya merujuk pada tingkat kilau cat dan kemampuannya memantulkan cahaya.

Karena itu, hasil akhir cat pun dapat mempengaruhi warna dan kesan yang ditimbulkan ke dalam ruangan. Misalnya, Anda dapat menggunakan cat gelap dengan hasil matte untuk kesan ruangan yang kalem tanpa terlalu banyak pantulan cahaya.

Tes warna yang akan digunakan

Terakhir, Anda perlu mengetes warna yang dipilih sebelum memutuskan untuk menggunakannya pada seluruh permukaan dinding.

Anda dapat mengecat sebagian kecil atau satu sisi dinding ruangan, kemudian perhatikan warnanya pada beberapa kondisi. Perhatikan apakah warnanya berubah saat terkena lampu atau cahaya matahari, atau apakah warnanya cocok dengan interior ruangan. Dengan mengetesnya, Anda pun terhindar dari hal-hal tidak diinginkan saat telanjur mengecat ruangan dengan warna yang sudah dipilih.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat memilih warna cat rumah. Semoga artikel ini berguna untuk Anda, ya!

Selanjutnya: Inspirasi Tatanan Meja Rias Minimalis, Dandan Makin Menyenangkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News