HOME, Keluarga

Tips Dekorasi Rumah untuk Meningkatkan Mood, Coba Yuk!

Tips Dekorasi Rumah untuk Meningkatkan Mood, Coba Yuk!

MOMSMONEY.ID - Tak dapat dipungkiri, rumah selalu menjadi tempat bagi kita untuk pulang dan beristirahat setelah menjalani hari yang panjang.

Apalagi, sejak pandemi, rumah seakan menjadi pusat kehidupan kita. Oleh karena itu, tidak heran banyak orang yang merasa jenuh dan lelah karena terus-terusan berada di rumah.

Nah, untuk menciptakan suasana rumah yang nyaman dan menyenangkan, ada beberapa trik dekorasi rumah yang bisa digunakan. Dengan trik berikut, suasana hati atau mood Anda pun akan membaik saat tinggal di rumah!

Trik dekorasi apa saja yang dimaksud? Yuk, simak tipsnya berikut ini.

Baca Juga: 4 Tips Membersihkan Ruang Makan Saat Ramadan, Sahur dan Berbuka Makin Nyaman!

Rapikan rumah

Mengutip laman Homes to Love, barang-barang yang berantakan dapat menjadi sumber utama munculnya perasaan cemas, sehingga membuat Anda tidak nyaman di dalam rumah.

Untuk meningkatkan mood di rumah, hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah merapikan rumah. Singkirkan barang-barang yang berceceran atau berserakan di seluruh penjuru rumah. Jadi, rumah pun akan terlihat lebih lega dan lapang.

Pajang barang-barang yang menyenangkan

Salah satu cara termudah untuk meningkatkan mood di rumah adalah dengan memajang hal-hal yang membuat Anda merasa senang.

Misalnya, pasang foto keluarga atau teman-teman di dinding, pasang lukisan buatan sendiri, atau hiasi meja dengan pernak-pernik yang Anda kumpulkan saat traveling di suatu tempat. Selain membuat Anda senang, penambahan dekorasi ini akan membuat rumah terlihat personal.

Gunakan aromaterapi

Dikutip dari Apartment Therapy, wangi-wangian dari aromaterapi dapat membantu memperbaiki suasana hati dan membuat Anda lebih rileks.

Cobalah untuk menggunakan aromatherapy diffuser, reed diffuser, atau pengharum ruangan dengan model favorit Anda untuk membantu menyebarkan aroma wangi ke seluruh ruangan. Pilihlah aromaterapi dengan wangi yang sesuai selera Anda, misalnya wangi lavender atau mint.

Baca Juga: Keren dan Stylish, Intip Trik Mendekorasi Rumah dengan Motif Geometris

Hiasi rumah dengan tanaman

Melansir Homes and Gardens, tanaman hias dapat membantu menurunkan kecemasan, sehingga memperbaiki suasana hati. Tidak hanya itu, beberapa tanaman hias juga dapat meningkatkan kualitas udara di rumah.

Oleh karena itu, cobalah untuk mendekorasi rumah dengan berbagai tanaman hias. Pilih tanaman hias yang Anda sukai, seperti lidah mertua, sukulen, lidah buaya, dan lain-lain.

Baca Juga: Makin Rapi dan Bersih, Ini 4 Cara Melakukan Decluttering di Ruang Keluarga

Gunakan warna-warna yang membahagiakan

Mungkin selama ini Anda mendengar bahwa warna-warna cerah seperti kuning dan oranye dapat menghidupkan suasana di rumah.

Hal tersebut memang benar, tapi pada dasarnya Anda dapat memilih warna apapun yang Anda sukai supaya suasana hati atau mood di rumah semakin baik.

Contohnya, jika Anda menyukai warna biru muda yang pucat, coba gunakan sebagai warna cat dinding atau pernak-pernik ruangan untuk menciptakan tampilan rumah yang menyenangkan.

Atur pencahayaan di rumah

Rumah yang suram dan gelap memang dapat merusak suasana hati. Oleh karena itu, cobalah untuk mengoptimalkan pencahayaan di rumah supaya suasana hati Anda akan ikut cerah.

Jika di rumah ada jendela besar dengan pencahayaan alami yang melimpah, tambahkan tirai tipis untuk membantu menyaring intensitas cahayanya. Lalu, tambahkan lampu-lampu dengan pencahayaan yang hangat untuk menciptakan suasana nyaman di rumah.

Nah, itulah beberapa tips dekorasi rumah yang dapat meningkatkan mood. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News