ads

Makin Rapi dan Bersih, Ini 4 Cara Melakukan Decluttering di Ruang Keluarga

Reporter: Kania Paramahita
Senin, 11 April 2022 | 15:20 WIB
Makin Rapi dan Bersih, Ini 4 Cara Melakukan Decluttering di Ruang Keluarga

ILUSTRASI. Dengan decluttering, Anda dapat merapikan ruang keluarga dengan lebih efisien.


MOMSMONEY.ID - Ruang keluarga adalah salah satu ruangan yang kerap digunakan bergantian atau bersama-sama oleh seluruh penghuni rumah, sehingga rentan terlihat lebih berantakan dan kotor dibandingkan dengan ruangan lainnya di rumah.

Jadi, supaya ruang keluarga selalu nyaman digunakan bersama-sama, kebersihan dan kerapiannya tentu perlu dijaga dengan baik.

Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah decluttering. Dengan cara ini, Anda akan bisa membersihkan dan merapikan ruang keluarga dengan lebih efisien.

Ingin tahu bagaimana caranya? Simak tips berikut ini, yuk!

Baca Juga: 4 Kesalahan Dekorasi yang Sering Dilakukan Pemilik Rumah Baru, Apa Saja?

Pilah barang-barang di ruang keluarga

Langkah pertama untuk melakukan decluttering adalah memilah-milah atau menyortir barang yang ada di ruang keluarga. Melansir House Beautiful, kumpulkan barang-barang di ruang keluarga dan pilah berdasarkan beberapa kategori.

Berikut beberapa kategori yang bisa digunakan:

  • Barang yang ingin disimpan di ruang keluarga
  • Barang yang ingin disimpan di ruangan lain
  • Barang yang ingin dibuang
  • Barang yang ingin disumbangkan

Supaya lebih efisien, Anda perlu benar-benar jujur dengan diri sendiri dan jangan menyimpan suatu barang hanya karena merasa sayang. Hal ini malah akan membuat tumpukan barang di ruang keluarga makin banyak.

Singkirkan barang yang seharusnya ada di tempat lain

Dikutip dari The Spruce, salah satu penyebab ruang keluarga terlihat berantakan adalah keberadaan benda atau barang yang seharusnya ada di ruangan lain. Misalnya, ada sepatu yang seharusnya diletakkan di rak di teras rumah.

Oleh karena itu, cobalah untuk menyingkirkan barang-barang seperti itu dan letakkan di tempat yang seharusnya. Kembalikan bantal-bantal yang menumpuk ke kamar tidur, buku-buku di ruang kerja, dan sebagainya.

Baca Juga: Menghindari Lelah, Ini Tips Membersihkan Rumah Saat Ramadan

Buang barang-barang yang rusak

Apakah Anda menemukan barang-barang yang sudah rusak atau tidak terpakai saat menyortir barang di ruang keluarga? Jika ya, sebaiknya segera buang barang-barang tersebut.

Sebab, jika dibiarkan begitu saja, keberadaan barang tersebut malah akan menjadi sampah yang menumpuk sehingga ruang keluarga akan terlihat makin berantakan. Jika barang yang akan dibuang masih terlihat bagus dan dapat digunakan, cobalah untuk menyumbangkannya atau memberikannya ke orang lain.

Baca Juga: 5 Tips Memanfaatkan Cahaya Matahari yang Berlimpah di Rumah, Coba Yuk!

Simpan setiap barang pada tempatnya

Selain mengembalikan barang ke ruangannya, Anda juga perlu menyimpan barang-barang pada tempatnya agar ruang keluarga selalu terlihat rapi.

Contohnya, letakkan buku dan majalah pada rak atau kunci-kunci pada gantungan. Jika belum ada tempat khusus, carilah wadah atau tempat khusus yang bisa menampung benda-benda tersebut.

Nah, itulah beberapa cara untuk melakukan decluttering di ruang keluarga. Supaya kebersihan dan kerapiannya tetap terjaga, jangan lupa untuk membersihkan ruang keluarga secara rutin, ya. Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TERPOPULER