HOME, Keluarga

4 Tips Membersihkan Ruang Makan Saat Ramadan, Sahur dan Berbuka Makin Nyaman!

4 Tips Membersihkan Ruang Makan Saat Ramadan, Sahur dan Berbuka Makin Nyaman!

MOMSMONEY.ID - Saat berpuasa di bulan Ramadan, ruang makan menjadi salah satu area yang cukup sibuk karena selalu digunakan untuk sahur dan berbuka bersama keluarga.

Sama halnya dengan dapur, kebersihan dan kerapian ruang makan saat berpuasa tentu perlu dijaga dengan baik supaya Anda dapat menyantap makanan sahur dan berbuka dengan lebih nyaman.

Nah, agar Anda tidak mudah lelah saat membersihkan ruang makan ketika berpuasa, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan. Yuk, simak tipsnya berikut ini!

Baca Juga: Menghindari Lelah, Ini Tips Membersihkan Rumah Saat Ramadan

Bersihkan meja makan secara rutin

Membersihkan meja makan secara rutin memang terdengar mudah, tapi kenyataannya setiap hari ada saja barang-barang atau tumpahan makanan yang berceceran di atas permukaan meja. Terutama di bulan Ramadan, saat meja makan penuh dengan berbagai hidangan sahur dan berbuka.

Supaya tidak terlalu memberatkan, Anda dapat membersihkan meja makan segera setelah selesai makan. Atau, bersihkan meja makan pada malam hari sebelum tidur.

Singkirkan sampah dan benda-benda tidak terpakai

Mengutip Merry Maids, ruang makan kadang tidak hanya dipenuhi oleh peralatan makan, tapi juga barang-barang kecil seperti sisa kertas, tisu, hingga bungkus makanan.

Karena sudah tidak terpakai, barang-barang tersebut malah akan membuat ruangan terlihat penuh dan kotor. Jadi, pastikan Anda rutin menyingkirkan sampah dan benda-benda yang tidak terpakai tersebut dari ruang makan.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Kebersihan Dapur Saat Ramadan, Tidak Sulit Kok!

Ganti dan cuci taplak meja

Apakah Anda melapisi meja makan dengan taplak? Jika ya, ada baiknya Anda mengganti dan mencuci taplak meja secara rutin.

Mengapa? Dikutip dari Hunker.com, taplak meja rentan menjadi sarang debu dan kotoran sehingga mengganggu tampilan meja makan, apalagi di saat Ramadan seperti sekarang. Gantilah dan cuci taplak meja setidaknya satu atau dua minggu sekali untuk menjaga penampilan meja makan.

Baca Juga: Tamu Jadi Nyaman, Ini 3 Tips Menata Rumah untuk Acara Buka Bersama

Sapu dan pel lantai ruang makan

Terakhir, pastikan Anda menyapu dan mengepel lantai ruang makan secara rutin supaya Anda nyaman berlalu-lalang di dalam ruang makan.

Supaya tidak terlalu berat, Anda bisa menyapu dan mengepel ruang makan setelah sahur atau malam hari sebelum tidur. Jangan lupa untuk membersihkan debu pada permukaan furnitur dan dekorasi ruang makan terlebih dahulu agar ruang makan bersih sempurna.

Itulah beberapa tips mudah yang bisa dilakukan untuk membersihkan ruang makan di bulan Ramadan. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News