HOME, Keluarga

Tinggal di Rumah Kecil? Coba 7 Trik Ini Supaya Rumah Terasa Lebih Besar

Tinggal di Rumah Kecil? Coba 7 Trik Ini Supaya Rumah Terasa Lebih Besar

MOMSMONEY.ID - Tinggal di rumah yang kecil memiliki beberapa tantangan tersendiri bagi pemiliknya, seperti harus pintar-pintar menata rumah supaya tidak mudah terlihat sumpek dan penuh.

Bagi Anda yang tinggal di rumah kecil, mungkin rasanya mustahil membuat interior rumah terlihat lebih besar dan lega karena luas ruangan yang terbatas. Namun, hal tersebut bukannya tidak mungkin, lo.

Ya, dengan beberapa trik sederhana, Anda bisa menciptakan ilusi seolah-olah rumah kecil Anda terasa lebih besar, lapang, dan lega.

Ingin tahu bagaimana caranya? Yuk, simak tipsnya berikut ini!

Baca Juga: Tips Mengatur Pencahayaan di Home Office, Bikin Fokus Kerja!

Rapikan barang yang berserakan

Dikutip dari The Spruce, salah satu penyebab rumah kecil terasa makin sempit adalah keberadaan barang-barang yang berserakan di sana-sini. Oleh karena itu, biasakan untuk membersihkan dan merapikan barang-barang di rumah untuk memberi kesan bersih dan lega di rumah Anda.

Susun furnitur dengan cermat

Selain barang-barang yang berantakan, furnitur yang disusun dengan sembarangan juga dapat menyebabkan rumah kecil terasa sempit. Supaya rumah Anda terasa lega, hindari menempatkan furnitur di jalur yang biasa dilewati penghuni rumah dan gunakan furnitur yang tidak memakan banyak tempat.

Gunakan warna-warna cerah dan lembut

Selanjutnya, trik yang bisa Anda gunakan adalah menggunakan warna cerah dan lembut pada dinding rumah. Menurut MyMove, warna cerah dan lembut dapat membantu memaksimalkan pencahayaan di suatu ruangan, sehingga memberi kesan rumah yang lapang dan lebih besar.

Baca Juga: 4 Tips Mendekorasi Rumah dengan Motif Floral, Tak Terkesan Kuno!

Sesuaikan warna furnitur dengan dinding

Sedikit berhubungan dengan poin sebelumnya, Anda bisa menyesuaikan warna furnitur dengan warna dinding di rumah. Misalnya, jika dinding rumah Anda berwarna putih, pilihlah furnitur rumah berwarna putih atau krem. Hal ini akan membantu memberi kesan furnitur yang menyatu dengan dinding, sehingga interior rumah akan terasa lebih besar.

Gunakan sofa berwarna polos

Untuk menghindari kesan ruangan yang ramai dan sempit, Anda dapat menggunakan sofa dengan warna yang solid atau polos. Dilansir dari laman Homes and Gardens, coba gunakan sofa berwarna polos dengan tekstur atau detail yang menarik sehingga rumah Anda tidak terasa datar dan membosankan.

Baca Juga: Bingung Menentukan Furnitur untuk Rumah Kecil? Ini Tips Memilihnya

Maksimalkan pencahayaan

Mengoptimalkan pencahayaan merupakan salah satu kunci untuk memberikan ilusi rumah yang terasa besar dan lega. Anda bisa melakukan lighting layering atau memadukan berbagai sumber pencahayaan, seperti pencahayaan alami dari jendela, lampu plafon yang terang, hingga lampu dinding dengan pencahayaan yang lembut.

Tambahkan cermin

Terakhir, Anda bisa menambahkan cermin atau permukaan reflektif lainnya untuk membantu memantulkan cahaya di rumah, sehingga rumah Anda akan terlihat lebih besar dan lega. Untuk memaksimalkan efek besar dan lega tersebut, jangan ragu untuk memasang cermin berukuran besar pada dinding rumah.

Itulah beberapa trik yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat rumah kecil terasa lebih besar. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda, dan selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News