HOME, Keluarga

Tips Mengatur Pencahayaan di Home Office, Bikin Fokus Kerja!

Tips Mengatur Pencahayaan di Home Office, Bikin Fokus Kerja!

MOMSMONEY.ID - Dalam mengatur home office atau area kerja di rumah, orang-orang seringkali hanya memikirkan aspek furnitur dan dekorasi di area home office dan melupakan faktor pencahayaan.

Padahal, pencahayaan berperan penting dalam mendukung produktivitas saat bekerja. Jika home office tidak mendapat pencahayaan yang baik, , Anda tentu akan sulit bekerja dengan nyaman sehingga menghambat produktivitas.

Oleh karena itu, Anda perlu memahami cara-cara untuk mengatur pencahayaan yang optimal di area home office. Yuk, simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui tipsnya!

Baca Juga: Kurangi Produktivitas, Ini 4 Kesalahan Menata Home Office yang Perlu Dihindari

Manfaatkan pencahayaan alami

Jika area home office Anda memiliki jendela yang disirami cahaya matahari, manfaatkan pencahayaan alami tersebut untuk menerangi area kerja.

Dikutip dari The Spruce, sinar matahari yang hangat dapat membantu meningkatkan mood dan memperbaiki produktivitas saat bekerja. Namun, perlu memperhatikan penempatan meja kerja supaya cahaya matahari tidak mengganggu pekerjaan Anda.

Sebaiknya, tempatkan meja kerja di dekat jendela sehingga cahaya matahari tidak langsung mengenai area kerja atau layar komputer. Jika pencahayaan dirasa terlalu silau, coba tambahkan gorden tipis yang dapat mengurangi intensitas cahaya di area kerja.

Sediakan lampu meja

Melansir laman Apartment Therapy, task light atau lampu meja khusus dapat membantu fokus pada pekerjaan yang ada di atas meja.

Anda dapat menggunakan lampu meja dengan pencahayaan yang cerah dan kepala lampu yang bisa diatur, sehingga dapat mengarahkan lampu ke bagian-bagian tertentu, misalnya komputer, laptop, atau berkas-berkas pekerjaan lainnya.

Baca Juga: Bingung Menentukan Furnitur untuk Rumah Kecil? Ini Tips Memilihnya

Kombinasikan sumber pencahayaan

Terkadang, mengandalkan satu sumber pencahayaan saja tidak cukup sehingga Anda harus mengombinasikan berbagai sumber pencahayaan sekaligus di area kerja.

Dikutip dari laman The Light Source UK, teknik ini dinamakan lighting layering dan dapat membantu menciptakan pencahayaan yang optimal di rumah, termasuk di area home office.

Ada beberapa sumber pencahayaan utama yang bisa dimanfaatkan dalam teknik lighting layering ini, seperti pencahayaan alami, lampu plafon, lampu meja, hingga ambient light atau lampu dengan pencahayaan yang redup.

Baca Juga: 4 Tips Mendekorasi Rumah dengan Motif Floral, Tak Terkesan Kuno!

Perhatikan arah pencahayaan

Terakhir, perhatikan arah pencahayaan yang ada di area kerja Anda supaya pencahayaan tersebut tidak mengganggu saat sedang bekerja.

Sebagai contoh, hindari menempatkan cahaya di belakang Anda karena dapat menimbulkan pantulan cahaya yang mengganggu di layar komputer.

Selain itu, jika menulis dengan tangan kanan, hindari menempatkan lampu meja di sebelah kanan karena dapat menimbulkan bayangan yang menutupi tulisan Anda. Intinya, Anda perlu meminimalisir terjadinya pantulan cahaya atau bayangan sebisa mungkin.

Itulah beberapa tips mudah untuk mengatur pencahayaan di area kerja atau home office. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News