HOME, Keluarga

Bingung Menentukan Furnitur untuk Rumah Kecil? Ini Tips Memilihnya

Bingung Menentukan Furnitur untuk Rumah Kecil? Ini Tips Memilihnya

MOMSMONEY.ID - Tinggal di rumah yang kecil memiliki beberapa tantangan tersendiri bagi pemiliknya, seperti menentukan furnitur yang cocok diletakkan di dalamnya.

Pasalnya, jika salah memilih, furnitur tersebut rentan membuat rumah kecil terlihat sempit, penuh, dan sesak. Hal tersebut tentu akan membuat penghuni rumah merasa kurang nyaman.

Jadi, kira-kira bagaimana caranya memilih furnitur yang tepat untuk rumah berukuran kecil? Jangan khawatir, yuk simak tips berikut ini!

Baca Juga: Tips Feng Shui untuk Meja Kerja, Ampuh Tingkatkan Produktivitas!

Pilih furnitur yang ringan dan ringkas

Salah satu kunci menghindari kesan penuh dan sesak pada rumah kecil adalah dengan menggunakan furnitur dengan desain yang ringkas dan bahan yang ringan.

Kombinasi antara furnitur yang ringan dengan desain ringkas tidak akan memakan banyak ruang di rumah yang sempit, sehingga akan membantu memberi ilusi ruangan yang lebih luas dan lega.

Hindari menggunakan banyak furnitur

Menggunakan furnitur berukuran kecil di rumah yang kecil memang terdengar masuk akal. Namun, mengutip laman Homedit, penggunaan furnitur berukuran kecil dalam jumlah banyak malah akan memberikan kesan berantakan atau cluttered, sehingga rumah Anda akan terkesan sesak.

Sebaiknya, gunakan furnitur yang proporsional dengan luas ruangan dalam jumlah secukupnya sehingga ruangan akan terlihat lebih lega dan rapi.

Baca Juga: Ini Dia Kesalahan Saat Menata Furnitur Rumah, Wajib Tahu!

Pilih furnitur yang praktis dan serbaguna

Selain memilih furnitur yang ringan dan ringkas, Anda juga dapat memilih furnitur yang praktis dan serbaguna untuk rumah kecil.

Dikutip dari bhg.com, furnitur yang didesain untuk rumah kecil karena praktis dan menghemat ruang, misalnya meja yang dipasang ke dinding (wall-mounted desk), tempat tidur dengan ruang penyimpanan ekstra di bawahnya, hingga sofa bed yang dapat berfungsi ganda sebagai sofa dan tempat tidur.

Baca Juga: Elegan dan Classy, Yuk Kenali Gaya Interior Rumah Klasik!

Pilih furnitur berwarna netral

Melansir Apartment Therapy, furnitur berwarna netral yang cerah seperti putih akan membantu memantulkan cahaya dan memberi kesan ruangan yang terbuka dan lega, sehingga cocok untuk rumah berukuran kecil.

Anda tak harus menggunakan warna putih, tapi juga bisa menggunakan warna cerah lainnya seperti warna pastel, krem, atau abu-abu muda. Jika Anda menggunakan cat dinding berwarna cerah, furnitur berwarna cerah tersebut akan berpadu dengan warna dinding sehingga menambah kesan lega di rumah.  

Pilih furnitur yang rendah

Seperti yang sudah disebutkan di poin sebelumnya, furnitur yang ringkas adalah kunci untuk memberi kesan lega pada rumah berukuran kecil.

Untuk menambah kesan tersebut, Anda bisa memilih furnitur seperti coffee table atau sofa dengan ketinggian yang rendah. Selain memudahkan Anda menjejak lantai, furnitur rendah akan membantu memberikan kesan ruangan yang tinggi.

Itulah tips memilih furnitur untuk rumah berukuran kecil. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News