HOME, Keluarga

Ini Dia Kesalahan Saat Menata Furnitur Rumah, Wajib Tahu!

Ini Dia Kesalahan Saat Menata Furnitur Rumah, Wajib Tahu!

MOMSMONEY.ID - Furnitur adalah salah satu jenis benda yang wajib ada di dalam rumah, sebab dapat membantu Anda melakukan beragam aktivitas seperti makan, tidur, bekerja, bersantai, hingga menyimpan barang.

Tidak hanya untuk menunjang kegiatan, furnitur juga dapat membantu memberikan karakter dan estetika pada suatu ruangan.

Oleh karena itu, furnitur rumah perlu ditata dengan baik supaya dapat berfungsi dengan maksimal. Sayangnya, banyak orang yang tidak tahu cara menata furnitur rumah yang tepat sehingga interior rumah terasa kurang nyaman.

Supaya terhindar dari ketidaknyamanan tersebut, yuk kenali apa saja kesalahan yang kerap terjadi saat menata furnitur di rumah. Berikut penjelasannya untuk Anda.

Baca Juga: 3 Tips Menggunakan Warna Putih ala Feng Shui, Bikin Rumah Cerah!

Meletakkan furnitur menempel dengan dinding

Dikutip dari The Spruce, salah satu kesalahan utama yang kerap dilakukan orang-orang adalah mendorong furnitur hingga terlalu menempel dengan dinding. Bukannya membuat ruangan terlihat luas, hal ini malah akan menciptakan area kosong yang terlihat canggung di tengah ruangan tersebut.

Solusinya, Anda bisa memberi sedikit jarak antara furnitur dengan dinding. Di ruangan seperti ruang keluarga, hal ini akan membantu menciptakan kesan intim yang nyaman bagi seluruh penghuni rumah.

Mengabaikan kegunaan furnitur

Saat akan menata furnitur di suatu ruangan, jangan sekadar menatanya tanpa benar-benar memikirkan sisi kepraktisan dan kegunaan furnitur di ruangan tersebut.

Misalnya, jika Anda termasuk tipe orang yang suka makan dan minum sambil menonton TV, pastikan Anda menata sofa dan meja di ruang keluarga sehingga Anda dapat bersantai di sofa sambil meraih makanan dan minuman dengan mudah.

Mengabaikan lalu lintas di dalam rumah

Salah satu hal yang kerap dilupakan orang-orang saat menata furnitur adalah faktor lalu lintas penghuni rumah tersebut.

Artinya, saat menata furnitur, Anda harus memikirkan seperti apa lalu lintas orang-orang di ruangan yang ditempati furnitur tersebut. Jangan sampai penghuni rumah mudah tersandung atau harus berputar-putar di suatu ruangan karena posisi furnitur yang kurang nyaman.

Baca Juga: Modern dan Edgy, Ini 4 Tips Mendekorasi Rumah dengan Warna Hitam

Menggunakan terlalu banyak furnitur

Sama seperti dekorasi rumah, banyak orang yang berusaha menggunakan sebanyak mungkin furnitur di suatu ruangan sehingga memberi kesan penuh.

Dilansir dari MyDomaine, selain terlihat penuh dan sesak, hal ini dapat menyulitkan Anda saat bergerak di dalam rumah karena banyaknya furnitur di sana-sini. Sebaiknya, batasi jumlah furnitur di suatu ruangan dan kombinasikan furnitur berukuran besar dan kecil supaya terlihat seimbang.

Baca Juga: Kurangi Produktivitas, Ini 4 Kesalahan Menata Home Office yang Perlu Dihindari

Menutupi jendela

Ketika meletakkan furnitur di suatu ruangan, hindari meletakkan furnitur tersebut di depan jendela sehingga pencahayaan alami yang masuk melalui jendela tidak terblokir.

Jika Anda terpaksa harus meletakkan furnitur di depan jendela, usahakan untuk memaksimalkan pencahayaan di dalam ruangan tersebut dengan cermin, benda-benda metalik, hingga penataan lampu yang baik.

Menggunakan furnitur dengan ukuran yang salah

Untuk menciptakan tampilan interior rumah yang harmonis dan serasi, Anda perlu menyesuaikan luas ruangan dengan dimensi furnitur. Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari hal ini.

Melansir bhg.com, furnitur yang terlalu besar di ruangan kecil bisa terasa menyesakkan, sedangkan furnitur yang terlalu kecil di ruangan besar bisa terlihat kerdil. Jadi, pilihlah furnitur dengan ukuran yang proporsional dengan luas ruangan di rumah Anda.

Itulah beberapa kesalahan yang kerap dilakukan saat menata furnitur di rumah. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News