HOME, Keluarga

4 Tips Mendekorasi Rumah dengan Motif Floral, Tak Terkesan Kuno!

4 Tips Mendekorasi Rumah dengan Motif Floral, Tak Terkesan Kuno!

MOMSMONEY.ID - Motif bunga-bunga atau motif floral adalah salah satu motif yang sangat populer dan banyak digunakan di berbagai tempat, termasuk dalam dekorasi rumah.

Pada dekorasi rumah, motif bunga-bunga biasanya ditemukan pada wallpaper, karpet, keramik, atau sprei tempat tidur. Walaupun terlihat manis dan feminin, motif ini kerap dikaitkan dengan rumah yang terkesan kuno atau old-school sehingga penggunaannya harus diperhatikan dengan baik.

Jangan khawatir, mendekorasi rumah dengan motif bunga-bunga sebenarnya tidak sulit, kok. Yuk, simak tips berikut untuk mengetahui cara menggunakan motif bunga-bunga tanpa terkesan kuno!

Baca Juga: Ini Dia Kesalahan Saat Menata Furnitur Rumah, Wajib Tahu!

Tentukan gaya yang ingin ditampilkan

Hal pertama yang dapat Anda pertimbangkan saat mendekorasi rumah dengan motif bunga-bunga adalah menentukan gaya seperti apa yang ingin ditampilkan. Melansir laman Elle Decor, motif bunga-bunga berukuran kecil cenderung memberi kesan klasik dan old-school, sehingga cocok untuk  yang menginginkan rumah bergaya vintage atau tradisional.

Sementara itu, jika ingin menghadirkan kesan yang lebih modern, cobalah menggunakan motif bunga-bunga dengan ukuran yang besar. Selain terlihat unik, motif bunga-bunga berukuran besar juga cocok menjadi aksen yang menarik perhatian di suatu ruangan.

Hati-hati dengan warna

Selain ukuran motif, warna motif bunga-bunga yang digunakan juga menentukan kesan yang akan ditampilkan di ruangan tersebut. Mengutip Decoist, motif bunga-bunga dengan background atau latar belakang berwarna gelap biasanya memberi kesan kuno atau tradisional.

Jika Anda ingin terlihat lebih modern, simpel, dan chic, coba gunakan motif bunga-bunga dengan warna yang lebih terang dan cerah.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu memperhatikan jenis warna pada motif bunga-bunga tersebut. Jika warnanya terkesan cerah dan berani, gunakan sebagai aksen sehingga tidak terkesan berlebihan. Untuk kesan yang lebih sederhana, gunakan motif bunga dengan warna netral seperti abu-abu atau putih.

Baca Juga: Kalem dan Sejuk, Ini Cara Mendekorasi Rumah dengan Warna Biru

Perhatikan ukuran motif

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, motif bunga-bunga berukuran besar cenderung terlihat modern, sedangkan motif bunga-bunga berukuran kecil cenderung memberi kesan klasik dan tradisional.

Namun, ukuran motif tak hanya berpengaruh pada kesan yang ditampilkan, tapi juga menentukan penataan dekorasi ruangan yang lainnya.

Dikutip dari MyMove, jika Anda sudah menggunakan motif bunga-bunga berukuran besar (misalnya pada wallpaper atau sprei), pastikan sisa ruangan yang lain didekorasi dengan warna polos supaya tidak terjadi tabrakan motif. Jika menggunakan motif bunga berukuran kecil, bisa menambahkan motif lain di ruangan tersebut.

Baca Juga: Elegan dan Classy, Yuk Kenali Gaya Interior Rumah Klasik!

Gunakan secukupnya

Walaupun terlihat cantik, motif bunga-bunga sebaiknya digunakan secukupnya saja. Sebab, motif bunga-bunga tergolong sebagai motif yang cukup mencolok, sehingga rentan mendominasi suatu ruangan.

Seperti yang sudah disebutkan pada poin-poin sebelumnya, Anda dapat menggunakan motif bunga-bunga sebagai aksen atau pemanis ruangan, misalnya pada satu sisi dinding, furnitur, atau pernak-pernik ruangan.

Hindari menggabungkan motif bunga-bunga dengan motif lainnya supaya tidak terlihat berlebihan dan menyakiti pandangan.

Itulah beberapa tips untuk mendekorasi rumah dengan motif bunga-bunga. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News