HOME, Keluarga

Kalem dan Sejuk, Ini Cara Mendekorasi Rumah dengan Warna Biru

Kalem dan Sejuk, Ini Cara Mendekorasi Rumah dengan Warna Biru

MOMSMONEY.ID - Warna biru termasuk salah satu warna yang banyak digunakan pada eksterior maupun interior rumah.

Karena sangat umum ditemukan di mana-mana, mendekorasi rumah dengan warna biru mungkin terdengar mudah. Kenyataannya, warna biru perlu digunakan dengan cermat supaya terlihat cantik di rumah Anda.

Jadi, bagaimana caranya menggunakan warna biru pada dekorasi rumah? Berikut tipsnya untuk Anda.

Baca Juga: Ini Dia Kesalahan Saat Menata Furnitur Rumah, Wajib Tahu!

Perhatikan pencahayaan di rumah

Sebelum menggunakan warna biru di rumah, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan warna biru seperti apa yang cocok dengan interior rumah Anda.

Melansir Homes and Gardens, Anda bisa melakukannya dengan memperhatikan seperti apa kondisi pencahayaan alami di rumah, terutama di ruangan yang akan diberi warna biru.

Jika ruangan tersebut banyak menerima pencahayaan alami, gunakan warna biru dengan tone dingin sebagai penyeimbang. Sebaliknya, jika ruangan tersebut tidak banyak terkena cahaya alami, gunakan warna biru yang terkesan hangat, seperti warna turkois atau toska.

Pertimbangkan suasana yang ingin dihadirkan

Selain memperhatikan pencahayaan, Anda juga perlu mempertimbangkan kesan atau suasana seperti apa yang ingin dihadirkan di ruangan tersebut.

Misalnya, jika Anda menginginkan kesan ruangan yang lega dan lapang, pilihlah warna biru terang. Jika Anda ingin ruangan yang terlihat intim dan cozy, coba gunakan variasi warna biru yang lebih gelap.

Baca Juga: Sering Digunakan Pada Dekorasi Rumah, Ini Pengertian Warna Aksen

Bermain dengan kombinasi warna

Warna biru termasuk warna yang mudah dikombinasikan dengan warna apa saja. Oleh karena itu, jangan takut untuk memadukan warna biru dengan warna-warna lainnya di rumah.

Dikutip dari bhg.com,salah satu kombinasi warna termudah yang bisa Anda gunakan adalah warna biru dan warna netral seperti putih, krem, coklat, dan abu-abu. Atau, coba kombinasikan warna biru dengan warna favorit Anda, misalnya hijau, merah, hingga kuning.

Jika Anda ingin ruangan dengan palet warna monokrom, coba gunakan berbagai variasi warna biru. Misalnya, gabungkan warna biru gelap dengan biru pastel untuk kesan ruangan yang sejuk.

Baca Juga: Kurangi Kelembapan Udara, Ini 4 Manfaat Exhaust Fan untuk Rumah

Gunakan sebagai aksen

Walaupun terlihat sejuk dan menenangkan, mungkin Anda tidak ingin berkomitmen dengan menggunakan warna biru pada dinding rumah.

Mengutip CNA Lifestyle, salah satu solusi mudah yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan furnitur atau dekorasi rumah berwarna biru. Jadi, warna biru tetap akan hadir pada interior rumah, tapi Anda bisa menggantinya kapan saja bila ingin.

Ada banyak sekali jenis furnitur atau dekorasi rumah yang bisa Anda gunakan, mulai dari kursi, sofa, gorden jendela, vas bunga, bahkan lukisan atau hiasan dinding. Jika interior rumah Anda didominasi warna netral, keberadaan warna biru bisa menjadi sentuhan aksen yang menarik.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam menggunakan warna biru pada dekorasi rumah. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News