HOME, Bugar

Tidak Perlu Diragukan Lagi! Ini 5 Manfaat Olahraga Secara Teratur untuk Tubuh

Tidak Perlu Diragukan Lagi! Ini 5 Manfaat Olahraga Secara Teratur untuk Tubuh

MOMSMONEY.ID - Ba manfaat olahraga sebagai pencegahan berbagai penyakit kronis. Olahraga bisa membantu tubuh menyeimbangkan kembali berbagai fungsi organ dan metabolisme.

Baik karena alasan kesehatan atau menurunkan berat badan, rutinitas aktivitas fisik dapat mengubah cara kerja berbagai organ tubuh.

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang bisa dilakukan oleh siapa saja, tak mengenal usia atau jenis kelamin. Terdapat beberapa perubahan, baik pada kondisi fisik atau mental, setelah Anda rutin berolahraga.

Baca Juga: Anda Mengalami Syaraf Kejepit? Wajib Hindari 5 Pantangan Ini

Dilansir dari Healthline dan Sleep Education, berikut beberapa manfaat olahraga teratur yang bisa Anda rasakan.

1. Mencegah penyakit jantung dan stroke

Olahraga rutin setiap hari atau minimal 3 kali per minggu dapat memperkuat otot jantung, melancarkan aliran darah, serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Hal ini menjadikan olahraga sebagai salah satu langkah penting untuk mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke.

2. Menjaga berat badan tetap ideal

Melakukan aktivitas fisik secara teratur mampu mengurangi jaringan lemak tubuh dan menurunkan berat badan serta menjaganya tetap stabil. Hal ini membuat olahraga penting dilakukan untuk mencegah atau mengatasi obesitas.

Namun, agar manfaat olahraga yang satu ini bisa dirasakan secara maksimal, Anda juga perlu menjaga berat badan tetap ideal dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang sesuai kebutuhan tubuh.

3. Mengendalikan kadar gula darah

Olahraga dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil, terutama pada penderita diabetes tipe 2. Tak hanya itu, ruitn berolahraga juga bisa mencegah terjadinya resistensi insulin yang dapat memicu diabetes.

Baca Juga: Hilangkan Sakit Kepala Akibat Stres dengan Melakukan 5 Cara Ini

4. Mencegah dan meringankan nyeri punggung

Keluhan ini bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari saraf terjepit, cedera, posisi tidur yang salah, hingga kebiasaan jarang bergerak.

Dengan rutin berolahraga, otot-otot tubuh seperti otot punggung, perut, dan kaki, akan menjadi lebih kuat dan mampu menopang sendi dan tulang belakang dengan lebih baik.

5. Menjaga tekanan darah tetap stabil

Pada orang yang sehat, berolahraga secara rutin bisa mencegah terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi. Sedangkan pada penderita hipertensi, olahraga dapat menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil.

Beberapa jenis olahraga yang cocok untuk menurunkan tekanan darah adalah berenang, bersepeda, joging, yoga, dan jalan santai.

Namun, agar lebih aman, orang dengan kondisi medis tertentu, seperti penyakit jantung atau kelebihan asam laktat, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter. 

Hal ini guna memastikan jenis olahraga yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan fisik. Dengan demikian, manfaat olahraga pun dapat diperoleh secara maksimal. 

Selanjutnya: Musim Hujan Sudah Tiba, Ini 5 Cara Terhindar Dari Influenza

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News