HOME, Bugar

Hilangkan Sakit Kepala Akibat Stres dengan Melakukan 5 Cara Ini

Hilangkan Sakit Kepala Akibat Stres dengan Melakukan 5 Cara Ini

MOMSMONEY.ID - Salah satu jenis sakit kepala yang dipicu oleh stres adalah sakit kepala tegang atau sering disebut tension headache. 

Sakit kepala jenis ini sering digambarkan seperti tali kuat yang mengikat dahi, dan menyebabkan rasa tegang di kepala, leher, hingga bahu, dikutip dari Medical News Today.

Dilansir dari laman Cleveland Clinic, stres merupakan salah satu penyebab umum dari sakit kepala. Jadi, jika Anda ingin mengobati sakit kepala stres, Anda harus menghilangkan stres yang mengganggu. 

Walaupun cukup mengganggu, sakit kepala akibat stres tidak sampai membuatmu kesulitan untuk melakukan aktivitas.

Dilansir dari Mental Health, untuk meredakan sakit kepala tegang akibat stres, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini. 

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Harus Dihindari Agar Tidak Memicu Tekanan Darah Tinggi

1. Lakukan kegiatan yang Anda sukai

Dibanding menghabiskan waktu untuk memikirkan hal-hal negatif yang membuat stres, lebih baik Anda memanfaatkan waktu tersebut untuk melakukan kegiatan yang Anda sukai.  

Anda bisa berkebun, membaca buku, menonton film lucu yang mengundang tawa. Kegiatan menyenangkan tersebut bisa mengalihkan pikiran Anda dari stres. 

2. Kompres kepala dengan air dingin atau hangat

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sakit kepala tegang akibat stres adalah mengompres kepala atau dahi dengan waslap yang dicelupkan ke air dingin atau air hangat. 

Kompres dahi selama kurang lebih 5-10 menit. Selain itu, kamu juga bisa mandi dengan air hangat untuk meredakan sakit kepala tegang. 

3. Lakukan terapi relaksasi

Teknik ini membantu Anda menenangkan pikiran sehingga stres jadi lebih berkurang. Terapi relaksasi bisa dilakukan dengan meditasi, yaitu memusatkan pikiran untuk lebih tenang.  

Terapi ini juga bisa dilakukan dengan mengatur pernapasan, yakni menghirup napas dalam-dalam lewat hidung dan mengembuskannya secara perlahan dari mulut. 

Baca Juga: Kenali Jenis Penyakit Kronis yang Rentan Terjadi di Usia Muda

4. Tidur yang cukup

Saat mengalami sakit kepala akibat stres, tidur yang cukup menjadi hal yang wajib, hal ini bermanfaat untuk mengatasi stres yang kamu alami. 

Anda juga disarankan untuk mengambil waktu untuk istirahat dan menenangkan pikiran sejenak di tengah padatnya aktivitasmu. 

5. Rajin olahraga

Olahraga terbukti dapat meningkatkan mood (suasana hati) sehingga membantu Anda menghilangkan stres dan sakit kepala. 

Hal ini terjadi karena gerakan olahraga merangsang tubuh untuk memproduksi dopamin, yaitu hormon yang membuat perasaan Anda lebih senang dan bahagia.  

Jika sakit kepala tidak juga membaik setelah mencoba beberapa cara di atas, terlebih jika disertai dengan leher kaku, demam, mual, dan muntah, segeralah periksakan diri ke dokter.

Selanjutnya: 5 Manfaat Kopi Sekaligus Risikonya Bagi Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News