HOME, Bugar

Musim Hujan Sudah Tiba, Ini 5 Cara Terhindar Dari Influenza

Musim Hujan Sudah Tiba, Ini 5 Cara Terhindar Dari Influenza

MOMSMONEY.ID - Saat musim hujan tiba, risiko terkena infeksi dan penyakit lebih tinggi, karena meningkatnya kelembapan udara dan menurunnya daya tahan tubuh.

Udara menjadi lebih dingin yang dapat menyebabkan gangguan kondisi kesehatan. Berbagai riset dan penelitian menyatakan bahwa kemampuan virus flu untuk berkembang biak dan menyebar lebih cepat pada suhu dingin.

Itulah alasan mengapa pada musim hujan, virus ini lebih mudah menular dari orang yang satu ke orang lainnya.

Meski penularan flu memang lebih mudah terjadi pada musim hujan, kita juga bisa terkena flu di musim kemarau, karena virus penyebab penyakit ini mampu bertahan di udara yang kering dan hangat.

Baca Juga: Waspada! Tenggorokan Sakit Saat Menelan Bisa Jadi Gejala Penyakit Ini

Jika tidak ingin mengalami flu, Anda dapat melakukan beberapa cara berikut ini untuk mencegah serangan flu, khususnya selama musim hujan sebagai berikut.

1. Konsumsi makanan bergizi 

Makan makanan bergizi bisa mencegah berbagai penyakit saat musim hujan. Sebaiknya hindari terlalu sering mengonsumsi junk food.

Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh dapat lebih memiliki daya tahan di musim penghujan. 

2. Rutin berolahraga

Rutin berolahraga bisa meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga kamu tidak mudah terserang penyakit. Olahraga yang bisa kamu lakukan antara lain aerobik, jogging, atau yoga. Lakukanlah olahraga secara rutin setiap hari, selama 20-30 menit per hari.

3. Konsumsi vitamin

Kamu disarankan untuk mengonsumsi vitamin C. Dengan mengonsumsi vitamin C secara teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, mengonsumsi vitamin C juga mencegah penyakit umum saat musim hujan seperti batuk dan flu. 

Baca Juga: Waspadai Penyakit yang Rentan Terjadi di Musim Hujan

4. Rajin cuci tangan

Menjaga kebersihan diriadalah salah satu cara paling sederhana untuk mencegah penyakit selama musim hujan. Cara termudah adalah dengan mencuci tangan secara teratur.

Mencuci tangan dapat mencegah penyakit umum seperti batuk, flu, atau demam. Teknik mencuci tangan yang benar adalah menggunakan sabun ke seluruh bagian tangan, termasuk kuku, sela-sela jari, dan punggung tangan.

5. Memakai masker 

Virus flu menyebar ke udara melalui percikan dahak atau ludah saat penderita bersin atau batuk. Oleh karena itu, gunakanlah masker penutup hidung dan mulut untuk mencegah virus flu di udara terhirup.

Agar kamu terhindar dari penyakit flu, terapkan berbagai cara pencegahan flu di atas. Namun jika kamu masih juga sering terkena flu atau jika flu yang kamu alami tidak kunjung sembuh, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Selanjutnya: Manfaat Daun Pandan yang Jarang Diketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News