HOME, Bugar

Manfaat Daun Pandan yang Jarang Diketahui

Manfaat Daun Pandan yang Jarang Diketahui

MOMSMONEY.ID - Secara ilmiah, daun pandan dikenal dengan nama Pandanus Amaryllifolius. Daun pandan adalah tumbuhan tropis yang dikenal dengan aroma khasnya.

Daun berwarna hijau ini memiliki perpaduan aroma vanilla dan almond yang sesuai untuk masakan. Sudah cukup banyak penelitian yang fokus mengulik manfaat daun pandan untuk kesehatan.

Itulah mengapa banyak juga yang menggunakan daun pandan sebagai obat tradisional. Dirangkum dari Medical News Today dan WebMD, beberapa manfaat daun pandan sebagai salah satu tanaman obat yang sayang untuk dilewatkan di antaranya sebaagi berikut.

Baca Juga: Perhatikan Tanda-Tanda Asma Kambuh Saat Bekerja

1. Meredakan nyeri sendi

Sejak dulu, minyak yang dibuat dari ekstrak daun pandan sudah dikenal dengan khasiatnya dalam meredakan nyeri sendi.

Manfaat daun pandan ini dibuktikan oleh penelitian yang mengungkapkan bahwa ekstrak daun pandan mengandung banyak senyawa bioaktif yang dipercaya mampu meredakan gejala nyeri sendi dan artritis.

2. Mengatasi rematik

Mengatasi rematik adalah khasiat daun pandan yang tak bisa diremehkan. Rematik bisa jadi keluhan yang menyebabkan orang merasakan nyeri sendi hingga sulit beraktivitas.

Anda bisa melakukannya dengan memotong tiga lembar daun pandan dan masukkan ke dalam rebusan minyak kelapa. Setelah dingin, coba oleskan pada bagian sendi yang terasa sakit.

3. Menjaga fungsi penglihatan

Vitamin A dan kandungan beta-karoten pada daun pandan dapat membantu meningkatkan kesehatan mata dan melindunginya dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh penuaan, misalnya degenerasi makula.

Baca Juga: Redakan Penyakit Flu dengan Mengonsumsi 5 Makanan Ini

4. Meningkatkan nafsu makan

Saat tubuh tidak enak badan, terkadang nafsu makan juga turun drastis. Manfaatkan wangi daun pandan untuk mengembalikan nafsu makan seperti semula.

Konsumsi air rebusan atau makanan yang dicampur daun pandan dua kali sehari untuk mengembalikan nafsu makan dan kebugaran tubuh Anda. 

5. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan beta-karoten pada daun pandan juga mampu menjaga penampilan dan meningkatkan kesehatan kulit.

Kandungan ini dapat meningkatkan pertahanan kulit terhadap radiasi sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari penuaan dini hingga kanker kulit.

Daun pandan memang aman untuk penggunaan dan konsumsi sehari-hari, namun efektivitasnya sebagai obat masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Oleh karena itu, Anda tidak disarankan menggunakan daun ini sebagai satu-satunya metode pengobatan.

Selanjutnya: Kaki Bengkak Tiba-Tiba, Bisa Jadi Tanda Mengalami Penyakit Berikut Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News