HOME, Bugar

Kaki Bengkak Tiba-Tiba, Bisa Jadi Tanda Mengalami Penyakit Berikut Ini

Kaki Bengkak Tiba-Tiba, Bisa Jadi Tanda Mengalami Penyakit Berikut Ini

MOMSMONEY.ID - Kaki bengkak tidak hanya terjadi saat kehamilan atau memakai sepatu terlalu sempit. Sebab, ada hal lain yang lebih perlu diperhatikan, seperti penyebab kaki bengkak itu sendiri. 

Penyebab kaki bengkak ada beragam. Ada yang ringan, namun bisa juga jadi penanda penyakit yang cukup serius. Selain itu, kaki bengkak terkadang berasal dari konsumsi garam berlebihan, menggunakan celana atau kaos kaki ketat, efek samping minum alkohol, kehamilan, sampai cuaca panas. 

Pembengkakan di bagian kaki terkait kondisi di atas umumnya berlangsung sementara dan tidak perlu dikhawatirkan. Namun, terkadang kaki bengkak bisa menjadi gejala suatu penyakit yang pantang untuk disepelekan.  

Melansir Harvard Health Publishing, kaki bengkak bisa terkait berbagai sistem di tubuh. Antara lain jantung, pembuluh darah, tulang, sampai kulit. Berikut beberapa kemungkinan penyebab kaki bengkak terkait gejala penyakit apa saja.

diabeteBaca Juga: Kenali Manfaat Jus Tomat untuk Meredakan Berbagai Macam Penyakit

1. Cedera

Cedera adalah salah satu penyebab kaki bengkak yang paling umum. Pembengkakan, biasanya terjadi saat ada tulang yang patah atau jaringan yang sobek.

2. Gaya hidup tidak sehat

Menjalani gaya hidup tidak sehat, seperti kurang aktif bergerak, memiliki berat badan berlebih, mengonsumsi terlalu banyak garam, serta kebiasaan menggunakan sepatu yang ukurannya tidak pas dengan kaki, bisa menjadi penyebab kaki bengkak, yang perlu Anda perhatikan.

3. Infeksi

Infeksi bisa menjadi salah satu penyebab kaki bengkak. Penderita diabetes berisiko lebih besar mengalami infeksi di area kaki, sehingga perlu lebih waspada apabila ada tanda-tanda infeksi, seperti luka dan bisul yang timbul di kaki.

4. Edema

Edema terjadi ketika tubuh menyimpan terlalu banyak cairan. Hal ini membuat pembengkakan bisa muncul di kaki, tangan, maupun wajah.

5. Efek samping obat

Salah satu jenis efek samping yang bisa terjadi dari penggunaan obat tertentu adalah penumpukan cairan, terutama di tubuh bagian bawah, seperti kaki. 

6. Gumpalan darah

Darah yang menggumpal bisa menyumbat pembuluh darah, sehingga aliran darah dari dan menuju jantung menjadi terganggu. Salah satu dampak dari kondisi ini, berupa pembengkakan di kaki.

7. Preeklampsia

Jika kaki bengkak pada ibu hamil, juga disertai dengan pusing, mual, sesak napas, dan sakit perut, maka waspadalah akan kondisi preeklampsia.

Baca Juga: Kenali Risiko Keracunan Kandungan pada Ibu Hamil

8. Kehamilan

Kaki bengkak pada wanita hamil adalah hal yang wajar terjadi. Sebab, saat hamil, tubuh memang menyimpan lebih banyak cairan. Kondisi ini tidak berbahaya, bagi ibu maupun bayi, tapi tentu tetap menyebabkan rasa tidak nyaman.

9. Penyakit hati

Saat hati tidak dapat bekerja dengan baik, maka kelebihan cairan bisa menumpuk di kaki, dan menyebabkan pembengkakan. Gangguan di hati bisa terjadi karena faktor gentik, kebiasaan mengonsumsi alkohol, infeksi virus, dan obesitas.

10. Penyakit jantung

Penyakit jantung seperti gagal jantung, bisa menyebabkan kaki bengkak. Penyakit ini membuat jantung menjadi tidak dapat memompa darah dengan baik. Akibatnya, darah di kaki yang seharusnya kembali ke jantung, tidak dapat dipompa dengan baik.

Mendalami penyebab kaki bengkak, berguna untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Meski umumnya tidak berbahaya, Anda sebaiknya tidak meremehkan kondisi ini. Segera lakukan pengobatan, sebelum kondisi bertambah parah. 

Selanjutnya: Kenali 5 Manfaat Daun Suji, Bisa Mengatasi Masalah Pernapasan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News