HOME, Keluarga

Tengok Desain Lantai Mezzanine Berikut, Interior Rumah Tampil Beda!

Tengok Desain Lantai Mezzanine Berikut, Interior Rumah Tampil Beda!

MOMSMONEY.ID - Lantai mezzanine sudah lama digunakan sebagai solusi praktis untuk menambah ruangan di dalam rumah tanpa harus repot-repot melakukan renovasi besar atau memperluas area rumah.

Namun, karena pembuatannya akan memakan ruang yang cukup besar, perencanaan lantai mezzanine tentu harus dilakukan dengan cermat supaya keberadaan mezzanine menguntungkan penghuni rumah.

Misalnya saja, Anda harus memperhitungkan ketinggian mezzanine supaya tidak membuat ruangan makin sesak. Atau, Anda perlu mempertimbangkan material yang akan digunakan supaya mezzanine aman dipakai beraktivitas penghuni rumah.

Baca Juga: Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membangun Lantai Mezzanine di Rumah

Nah, jika Anda sedang membutuhkan inspirasi desain lantai mezzanine, coba tengok beberapa contoh di bawah ini. Walaupun penampilan tiap lantai mezzanine berbeda, semuanya tetap fungsional.

Warna gelap yang elegan

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Architect/Loft (@loftdaily)

Dalam mendesain atau mendekorasi rumah, penggunaan warna hitam yang dominan kadang dihindari karena dapat memberi kesan gelap dan suram pada ruangan. Padahal, jika digunakan dengan tepat, warna hitam dapat memberikan kesan elegan.

Mezzanine pada gambar di atas menggunakan warna hitam pada keseluruhan rangkanya yang terbuat dari besi. Penggunaan warna hitam tersebut melengkapi penampilan rumah yang sudah didominasi warna gelap seperti hitam, coklat, dan abu-abu.

Supaya tidak terlihat suram, pada satu sisi ruangan ditempatkan deretan panel kaca atau skylight untuk membantu memasukkan cahaya alami sebanyak-banyaknya ke dalam rumah.

Tatanan minimalis

Mezzanine tidak harus selalu identik dengan gaya industrial yang terkesan kasar dan apa adanya. Anda juga bisa menggunakan mezzanine di rumah dengan gaya minimalis dan tetap tidak menghilangkan fungsi mezzanine itu sendiri.

Kuncinya, tentu saja Anda harus tetap berpegang pada prinsip minimalisme, seperti penggunaan warna netral dan material alam seperti kayu. Supaya ruangan tidak suram, gunakan warna-warna netral yang cerah seperti putih atau cream. Pilih material dengan warna yang terang untuk melengkapi penampilan rumah.

Mezzanine di atas didesain secara minimalis sambil tetap memperhatikan keamanan penggunanya. Tangga mezzanine yang terbuat dari kayu didesain melandai sehingga penghuni rumah bisa naik-turun tangga dengan nyaman. Selain itu, pagar pembatas yang terbuat dari kaca dipasang sepanjang sisi mezzanine supaya makin aman.

Baca Juga: Ide Desain Ruang Keluarga Gaya Industrial, Keren dan Gagah

Area berkebun

Anda ingin berkebun di rumah, tapi lahan terbatas? Coba manfaatkan mezzanine sebagai lahan berkebun tanpa harus repot-repot memperluas area rumah.

Mezzanine pada gambar di atas dimanfaatkan pemiliknya sebagai area berkebun. Supaya deretan tanaman hias yang diletakkan di mezzanine mendapatkan pencahayaan yang cukup, pemiliknya menggunakan skylight pada atap untuk menerangi tanaman.

Selain atap, panel kaca juga dipasang pada sisi dinding mezzanine yang menghadap ke dalam ruangan sehingga deretan tanaman dapat terlihat dari bawah. Selain itu, bagian dalam rumah juga akan mendapatkan pencahayaan yang cukup dari skylight dan jendela yang terpasang. Material kayu dan besi yang digunakan pada mezzanine pun melengkapi penampilan ruangan yang bertema industrial.

Kesan industrial yang total

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Architect/Loft (@loftdaily)

Selama ini, mezzanine banyak digunakan dalam ruangan bertema industrial. Tidak heran, karena mezzanine biasanya dibangun di ruangan dengan langit-langit tinggi yang merupakan ciri khas bangunan bertema industrial.

Supaya kesan industrial semakin terasa di rumah, Anda dapat menggunakan material bangunan yang terekspos dan dibiarkan apa adanya pada desain mezzanine. Misalnya pada gambar mezzanine di atas yang menggunakan material semen ekspos dan besi untuk tangganya. Desain tangga yang apa adanya tersebut justru memberi kesan minimalis yang masih cocok dengan gaya industrial.

Selain itu, kesan terbuka dan apa adanya juga ditonjolkan lewat desain pagar pengaman yang dibiarkan terbuka tanpa adanya kaca atau penghalang lainnya. Perpaduan material bangunan dan warna-warna netral tersebut pun melengkapi penampilan ruangan yang kental dengan kesan industrial.

Selanjutnya: Inspirasi Dapur Gaya Japandi yang Kalem dan Homey

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News